PERANAN PENGAJAR DALAM KOLABORASI PENYAMPAIAN MATERI PELATIHAN IT TERHADAP SISWA

Moch Arief Soeleman, Pulung Nurtantio Andono, - Pujiono, Noor Ageng Setiyanto

Abstract


Siswa-siswi asuh dari Lembaga Amil Zakat Universitas Dian Nuswantoro, merupakan lembaga zakat yang dibentuk oleh karyawan muslim Universitas Dian Nuswantoro yang bertujuan memberikan bantuan uang sekolah setiap bulan untuk membayar biaya sekolah bagi siswa siswi sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di kota Semarang yang tidak mampu untuk tetap bisa menyelesaikan sekolahnya. Motivasi bantuan sekolah untuk anak-anak binaan Lembaga Amil Zakat Udinus yang tidak mampu secara fiansial tetapi memiliki semangat dan kemampuan baik dalam akademik sehingga harus diberikan dukungan moril dan materiil agar tetap bisa meneruskan sekolahnya.

Dengan memperhatikan  kondisi  diatas maka salah satu pendekatan yang perlu diambil adalah  dengan  peningkatan  kualitas  pengetahuan siswa siswi penerima LAZ agar tidak gagap terhadap teknologi atau tidak memiliki kemampuan  dasar dalam menguasai dunia teknologi informasi. Sebagai seorang pelajar menggunakan teknologi informasi merupakan hal yang sangat minim, hal ini dikarenakan ketidak mampuan mereka memiliki peralatan teknologi informasi yang baik seperti komputer, laptop atau alat digital mobile. Disamping hal tersebut disekolah mereka masing-masing belum tentu mendapat pengetahuan teknologi informasi  yang cukup karena tidak bersekolah ditempat yang baik fasilitasnya.


Keywords


pelatihan, teknologi informasi, siswa-siswi binaan

Full Text:

PDF

References


Assaf, L. C. (2005). Staying connected: Student teachers’ perceptions of computer- mediated discussions. The Teacher Educator, 40(4), 221-235.

Brody, C. M. (1995). Collaboration or cooperative learning? Complimentary practices for instructional reform. The Journal of Staff, Program & Organizational Development, 12(3), 133-143.

Brookfield, S., & Preskill, S. (1999). Discussion as a way of teaching: Tools and techniques for democratic classrooms. San Francisco: Jossey-Bass.

Bruffee, K. A. (1995, January/February). Sharing our toys: Cooperative learning versus collaborative learning. Change, pp. 12-18.

Bruner, J. S. (1996). The culture of education. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Cannon-Bowers, J. A., Salas, E., & Converse, S. A. (1990). Cognitive psychology and team training: Shared mental models in complex systems.

Carlsmith, K. C., & Cooper, J. (2002). A persuasive example of cooperative learning. Teaching of Psychology, 29, 132-135.

Carla Limongelli, Filippo Sciarrone, Marcom Temperini, and Giulia Vaste , Adaptive Learning with the LS-Plan System: A Field Evaluation, IEEE Transactions on Learning Technologies, Vol. 2, No.3, July-September 2009.

Deatz, R. C., & Campbell, C. H. (2001). Applications of cognitive principles in distributed computer-based training (Research Product 20-01-03).

Alexandria, VA: U.S. Army Research Institute for the Social and Behavioral Sciences.

Dewey, J. (1916). Democracy and education. New York: The Free Press

Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

The 2006 Nonprofit and Association E-Learning Survey represents a continuation of the work begun in 2004 with the first comprehensive survey of e-learning. www.isophinstitute.com/shared/asset. Diunduh 20 Agustus 2008

Iva’n Marti’nes-Ortiz, Jose’-Luis Sierra, and Baltasar Ferna’ndez-Manjo’n, Authoring and Reenginering of IMS Learning Design Units of Learning, , Senior Member, IEEE Transacsion, July-September 2009.

Nikos Tsianos, Zacharias Lekkas, Panagiotis Germanakos, Costas Mourlas, and George Samaras, An Experimental Assessment of the Use of Cognitive and Affective Factors in Adaptive Educational Hypermedia, Evaluation, IEEE Transactions on Learning Technologies , Vol. 2, No. 3, July-September 2009.

Yuh-Ming Cheng, Lih-Syhang Chen, Hui-Chuang, Sheng-Feng Weng, Yong-Guo Chen, and Chyi-Her Lin , Building a General Purpose Pedagogical Agent in a Web-Based Multimedia Clinical Simulation System for Medical Education, , Evaluation, IEEE Transactions on Learning Technologies Vol. 2, No. 3 JULY-September 2009




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Moch Arief Soeleman



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :