Perbandingan Forecasting Metode Regresi Non-Linear Polinomial dengan Logika Fuzzy Pada Pemetaan Potensi Bisnis Lampu Berbasis Reduse, Reuse dan Recycle

Sari Ayu Wulandari, Wisnu Adi Prasetyanto, Rudy Tjahyono

Abstract


Mitra pada program PKM ini adalah BSRB (Bank Sampah Resik Becik) di Kota Semarang. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra PKM adalah adanya penimbunan sampah bohlam lampu, hal ini karena mereka belum dapat mampu melakukan reuse untuk jenis sampah ini. Sebenarnya reuse bulb (rebu), sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Dengan permasalahan yang dialami oleh mitra, maka sangat diperlukan sebuah teknologi terapan dari proses reuse dari sampah bohlam lampu, yang diwujudkan dalam workshop pelatihan pengolahan hingga proses design product akhir dan penjualan. Penerapan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan produk hasil bagi mitra UMKM BSRB di Kota Semarang. Dengan mengaplikasikan teknologi rebu (reuse bulb) yang menggunakan Bulb bekas ini adalah meningkatkan produktifitas mitra. Masyarakat wajib mengetahui nilai ekonomis produk, agar dapat melihat peluang bisnis. Peluang bisnis dirangkum dalam data yang akan di forecasting untuk kebutuhan tertentu. Pada artikel pengabdian masyarakat kali ini, akan dibandingkan forecasting antara penggunaan regresi non linear polynomial dengan metode logika fuzzy, yaitu menggunakan fuzzy mamdani. Dengan mengetahui prospek bisnis beberapa tahun berikutnya, masyarakat binaan dapat mempersiapkan dan semangat dalam melaksanakan kegiatan reduce, reuse dan recycle.


Keywords


Bank Sampah Resik Becik, Utilization Lamp Bulb

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelegence (Teknik Dan Aplikasinya). Jogjakarta : Graha Ilmu

Much Junaidi, Eko Setiawan, Adista Whedi Fajar. 2005. “Penentuan Jumlah Produksi Dengan Aplikasi Fuzzy – Mamdani”. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/198/1/Jti-0402-06-Ok.Pdf. Diambil Tanggal 25 September 2009.

Kusumadewi, S. 2003, Artificiall Intelligence : Teknik Dan Aplikasinya. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Supranto, J. 1994, Statistik Teori Dan Aplikasi Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga. 3.

Kusumadewi, S., 2002, Analisis Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 4.

Kusumadewi, S. Dan Purnomo, H., 2004, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 5. The Matlab Curriculum Series, 1992, The Student Edition Of Matlab, Prentice Hall, Inc, New Jersey




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sari Ayu Wulandari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :