Internet Marketing dan Sosial Networking Untuk Media Promosi Produk Kuliner UMKM “DJOKOWI”

Wellia Shinta Sari, Christy Atika Sari, D.R.I.M. Setiadi, Ajib Susanto, Eko Hari Rachmawanto

Abstract


Dalam rangka peningkatan peluang dan pengembangan potensi usaha pada UMKM yang selalu bertambah setiap tahun, perlu adanya aksi baik support berupa pembinaan maupun pelatihan dari tenaga lain di luar UMKM. Hal semacam ini juga terjadi di Desa Selojari Kecamatan Grobogan Kabupaten Purwodadi Provinsi Jawa Tengah. Kendala dalam pengembangan usaha kian meningkat seiring munculnya pesaing bisnis dengan bidang usaha yang sama. Usaha kuliner di Desa Selojari saat ini telah menelurkan beberapa macam produk antara lain berbagai kue kering, keripik, dan minuman. Permasalahan yang sering di temui oleh pelaku usaha UMKM umumnya antara lain: minimnya modal, kurangnya inovasi produk, minimnya cara untuk mendistribusikan produk, pemasaran online belum maksimal, belum adanya branding, tidak ada izin usaha resmi disertai label BPOM atau PIRT pada kemasan produk. Untuk memaksimalkan pemasaran online, hal utama yang harus dilakukan pengusaha UMKM adalah memilih saluran pemasaran online yang tepat, lalu fokus memasarkan di saluran tersebut, dan terus mengoptimasinya melalui website yang dapat di update sesuai kebutuhan pemasaran dan dapat dikontrol oleh pemilik usaha “DJOKOWI” di Desa Selojari.


Keywords


Internet marketing; sosial networking; kuliner; penjualan

Full Text:

PDF

References


Y. Sri Susilo, “Strategi Meningkatkan Daya Saing Umkm Dalam Menghadapi Implementasi Cafta Dan Mea,” Bul. Ekon. Agustus, vol. 8, no. 2, pp. 70–170, 2010.

L. Arliman S, “Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat,” J. Rechts Vinding Media Pembin. Huk. Nas., vol. 6, no. 3, p. 387, 2017.

Y. R. Suci, S. Tinggi, and I. Ekonomi, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia,” J. Ilm. Fak. Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 51–58, 2017.

D. Food and A. Organiza-, “Penerapan Iptek Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Olahan Ikan Menuju Pasar Ekspor,” J. Abdimas, vol. 22, no. 1, pp. 89–96, 2018.

S. Mumtahana, Hani Atun, Nita and A. W. Tito, “khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Pemanfaat. Web E-Commerce untuk Meningkat. Strateg. Pemasar., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017.

D. H. Wibowo, Z. Arifin, and . Sunarti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo),” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 59–66, 2015.

S. Suranta, H. D. Perdana, and M. Syafiqurrahman, “Usaha Kripik Nabati: Manajemen Usaha dan Proses Produksi (Studi Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera Desa Kopen Teras Boyolali),” J. Semar, vol. IV, no. 2, pp. 1–10, 2016.

A. Rohim and I. Kurniawan, “Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam,” Comvice J. community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 23–28, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wellia Shinta Sari, Christy Atika Sari, D.R.I.M. Setiadi, Ajib Susanto, Eko Hari Rachmawanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :