Penyuluhan Dan Pelatihan Invisible & Visible Knowledge Profiling Untuk Meningkatkan Kompetensi Pada SMA Negeri 3 Semarang

Indra Gamayanto, Titien Suhartini Sukamto, Ramadhan Rakhmat Sani, Sasono Wibowo, Sri Winarno, Asih Rohmani

Abstract


Abstrak

Pendidikan memiliki arti menggabungkan antara pengetahuan dan pengalaman untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi umat manusia. Keduanya saling terhubung satu sama lain dan tidak boleh dipisahkan. Oleh sebab itu, menggabungkan antara pengetahuan dan pengalaman adalah hal mutlak yang seharusnya diterapkan dalam semua lini pendidikan agar siap dalam menghadapi globalisasi dengan level tertinggi. Definisi kesempurnaan adalah menggabungkan antara pengetahuan dan pengalaman sehingga menghasilkan hal-hal inovatif yang bermanfaat dan memberikan kontribusi positif terhadap hidup orang banyak. Artikel ini merupakan penyuluhan dan pelatihan invisible & visible knowledge profiling yang merupakan dua hal penting yang harus dapat dikembangkan di dalam pendidikan dan dunia kerja. Lebih jauh lagi, artikel ini merupakan pengembangan dari artikel sebelumnya yaitu pelatihan dan implementasi social media profiling. Pengabdian masyarakat yang kami lakukan haruslah berkelanjutan dan terus dikembangkan hingga mencapai tingkat kualitas tertinggi dalam pengetahuan, inilah prinsip yang terdapat pada invisible & visible knowledge profiling. Hasil dari artikel ini adalah bagaimana car akita meningkatkan kinerja sumber daya manusia yang terdapat di dalam dunia pendidikan, profil lengkap kemampuan dan sumber daya manusia yang ada, klasifikasi dan tahapan apa saja yang seharusnya dapat dilakukan. Konsep dalam artikel ini menggabungkan dengan tiga metode yaitu  3SDP-mendukung komunitas belajar aktif, merancang peluang kepemimpinan, menghasilkan sumber daya pendidikan (yang berasal dari Harvard University), Johari window dan E=KM.C2.

 

Kata kunci: Pendidikan, Invisible-visible knowledge, Inovasi, Profiling, Sumber Daya Manusia


Keywords


Pendidikan, Invisible-visible knowledge, Inovasi, Profiling, Sumber Daya Manusia

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

M. Sheehan, “Human resource management and performance: Evidence from small and medium-sized firms,” Int. Small Bus. J., vol. 32, no. 5, pp. 545–570, 2014, doi: 10.1177/0266242612465454.

E. E. Bennett, “Introducing New Perspectives on Virtual Human Resource Development,” Adv. Dev. Hum. Resour., vol. 16, no. 3, pp. 263–280, 2014, doi: 10.1177/1523422314532091.

D. McGuire, Foundations of human resource development. 2011.

M. Boumadan, R. Soto-Varela, C. Poyatos-Dorado, and M. Ortiz-Padilla, “What factors determine the value of an online teacher education experience from a teacher’s perspective?,” Sustain., vol. 12, no. 19, pp. 1–16, 2020, doi: 10.3390/su12198064.

C. Hodges, S. Moore, B. Lockee, T. Trust, and A. Bond, “Remote Teaching and Online Learning,” Educ. Rev., pp. 1–15, 2020, [Online]. Available: https://er.educause.edu/articles/2020/3/the-difference-between-emergency-remote-teaching-and-.

J. Strikwerda-Brown, R. Oliver, D. Hodgson, M. Palmer, and L. Watts, “Good teachers/bad teachers: How rural adolescent students’ views of teachers impact on their school experiences,” Aust. J. Teach. Educ., vol. 33, no. 6, pp. 29–43, 2008, doi: 10.14221/ajte.2008v33n6.3.

E. Karadağ, F. Bektaş, N. Çoğaltay, and M. Yalçın, “The effect of educational leadership on students’ achievement: a meta-analysis study,” Asia Pacific Educ. Rev., vol. 16, no. 1, pp. 79–93, 2015, doi: 10.1007/s12564-015-9357-x.

R. P. Shrivastava, Neha ; Singh, “johari window approach in mentoring management students- an empirical study of up and uttarakhand (india),” Sch. Res. J. Interdiscip. Stud., vol. 4, no. 35, pp. 6410–6420, 2017.

W. Eckerson, “Ten Characteristics of a Good KPI,” Data Warehous. Inst., vol. 25, no. 1, 1987, [Online]. Available: http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Ten+Characteristics+of+a+Good+KPI#0.

R. L. Herman, “Letter from the Editor-in-Chief : What Makes an Excellent Professor ?,” J. Eff. Teach., vol. 11, no. 1, pp. 1–5, 2011.

M. Jackson, “‘Serving time’: The relationship of good and bad teaching,” Qual. Assur. Educ., vol. 14, no. 4, pp. 385–397, 2006, doi: 10.1108/09684880610703965.

S. A. Azer, “The qualities of a good teacher: How can they be acquired and sustained?,” J. R. Soc. Med., vol. 98, no. 2, pp. 67–69, 2005, doi: 10.1258/jrsm.98.2.67.

F. Su and M. Wood, “What makes a good university lecturer? Students’ perceptions of teaching excellence,” J. Appl. Res. High. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 142–155, 2012, doi: 10.1108/17581181211273110.

I. B. Bukvić, I. Buljubašić, and M. Ivić, “Project management education in croatia: A focus on the it sector needs,” Manag., vol. 25, no. 1, pp. 255–278, 2020, doi: 10.30924/mjcmi.25.1.14.

Y. M. A. Amuna, M. J. Al Shobaki, S. S. A. Naser, and J. J. Badwan, “Understanding Critical Variables for Customer Relationship Management in Higher Education Institution from Employees Perspective,” ITEE J., vol. 6, no. 1, pp. 10–16, 2017.

S. Suplicz, “What makes a teacher bad? - trait and learnt factors of teachers’ competencies,” Acta Polytech. Hungarica, vol. 6, no. 3, pp. 125–138, 2009.

D. Mitova, “Diana Mitova project-based education on technology and,” 2018.

Z. Krykhovetska, S. Kropelnytska, and O. Kondur, “the Development of Project Activity in Higher Educational Institutions,” pp. 35–36, 2020, doi: 10.36074/05.06.2020.v1.12.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indra Gamayanto, Titien Suhartini Sukamto, Ramadhan Rakhmat Sani, sasono wibowo, Sri Winarno, Asih Rohmani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :