Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Komputer Inovatif Bagi Guru Kelompok Belajar dan Taman Kanak-Kanak HJ. ISRIATI BAITURAHMAN 2 Semarang

Aries Setiawan, Juli Ratnawati, Adi Prihandono, Ida Farida, Achmad Wahid Kurniawan, Guruh Taufan Hariyadi, Budi Widjajanto

Abstract


Pembelajaran konvensional bagi pendidikan anak usia dini belum mampu memberikan hasil yang maksimal karena penyampaiannya hanya berupa ceramah atau cerita. Seorang guru dalam mendeskripsikan sebuah objek kepada siswanya dengan hanya bercerita akan diterima oleh siswa dengan berbagai pandangan. Ketika guru menjelaskan tentang pohon kelapa, tanpa membawa siswa melihat langsung objeknya, maka akan menimbulkan persepsi yang berbeda antara siswa satu dengan siswa lainnya. Gambaran situasi pada mitra yaitu sejauh ini proses pembelajaran di Kelompok bermain dan Taman Kanak-Kanak Hj. Isriati Baiturahman 2 Semarang masih minim pemakaian media pembelajaran. Guru belum mampu membuat media pembelajaran berbasis komputer. Diperlukan pelatihan untuk mencoba menciptakan media pembelajaran display menggunakan sarana komputer. Melalui pelatihan ini diharapkan akan menambah kualitas skill guru dalam menciptakan dan membuat membuat media pembelajaran, dimana kemampuan guru pada Kelompok bermain dan Taman Kanak-Kanak Hj. Isriati Baiturahman 2.


Keywords


Media Pembelajaran, Inovatif

Full Text:

PDF

References


I. Jayusman, "Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur," Jurnal Candrasangkala, vol. 3, pp. 37-42, 2017.

D. Fauziah, "Pengembangan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019," Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 16, pp. 99-112, 2018.

D. Sari, "Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi," Jurnal Neraca, pp. 71-80, 2018.

I. Falahudin, "Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran," Jurnal Lingkar Widyaiswara, pp. 104-117, 2018.

W. "Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama," pp. 1-15, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 aries setiawan



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :