Pelatihan Query Excel Untuk Pengelolaan Data Administrasi Kependidikan Pada TK. Isriati Baiturahman 1 Pandanaran Semarang

Guruh Taufan Hariyadi, Diana Aqmala, Aries Setiawan, Ida Farida

Abstract


Pengelolaan data administrasi pada TK. Isriati Baiturahman 1 Pandanaran Semarang semakin komplek seiring bertambahnya jumlah siswa yang belajar di sekolah ini, data alumni juga termuat di dalam data administrasi sekolah. Pemakaian data administrasi memiliki banyak fungsi seperti akreditasi, pelaporan data ke dinas pendidikan, history data alumni. Selama ini pengolahan data untuk kegiatan administrasi sekolah sebagian besar sudah dilakukan dengan bantuan micosoft excel , proses penyaringan data masih menggunakan fungsi sort and filter . Fungsi ini bersifat mengurutkan berdasarkan kolom tertentu namun untuk mendapatkan kelompok data tertentu belum bisa sesuai dengan pencarian data secara efektif. Solusi yang dilakukan adalah dengan menggunakan fungsi query tabel, hasil dari pelatihan yaitu para guru mampu melakukan pengelompokan data administrasi kependidikan berdasarkan filter tertentu serta semakin mudah memetakkan data kepndidikan pada kondisi tertentu

 


Keywords


Kata kunci: Query Excel, Data Kependidikan

Full Text:

PDF

References


A. R. Putri, "Optimalisasi Penggunaan Microsoft Excel Untuk Pengolahan Nilai Raport di SMAN 1 Ngunut Tulung Agung," J-ADIMAS, vol. 3, pp. 1-5, 2017.

B. Pamungkas, "Telaahan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer Akuntansi (Menggunakan Microsfot Excel) Dalam Penyajian Laporan Keuangan," pp. 90-97, 2018.

A. Setiawan, "Pembelajaran Ketrampilan Komputer dan Teknologi Informasi (Microsoft Excel) bagi Tenaga Pengajar PAUD Pada Korwilcam Kecamatan Jambu," Abdimasku, vol. 2, pp. 85-89, 2019.

S. Subagyo, "Manfaat Fitur Pivot Table Dari Microsoft Office Excel Untuk Pengeloaan Data Statistika Perpustakaan," Jurnal Pustakawan Indonesia, vol. 10, pp. 13-22, 2019.

H. Patmawati, "Penggunaan Software Microsoft Excel Sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir," pp. 124-129.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Guruh Taufan Hariyadi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :