Pelatihan Pemanfaatan Pivot Tabel Untuk Pembuatan dan Analisa Laporan Kependidikan Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Kelompok I Kecamatan Ngaliyan

Achmad Wahid Kurniawan, Budi Widjajanto

Abstract


Pivot tabel memiliki tujuan penggunaan, diantaranya memandu guru dalam melakukan pengolahan data aktivitas kegiatan belajar mengajar, memandu menyajikan hasil olahan dalam format model laporan. Hal ini mempunyai manfaaat diantaranya membuat analisa kualitatif berdasar hasil pengolahan data kuantitatif serta melengkapi model laporan akademik dengan sajian tabel maupun grafik secara otomatis. Pemanfaat lebih dari pivot tabel ini adalah mampu menghitung frekwensi munculnya data tertentu seperti dalam sebuah dokumen data yang terlalu panjang maka akan sekali kesulitas jika dilakukan secara operasi Microsoft excel tanpa menggunakan pivot karena memungkinkan juga jika pengelompokan data nilai berdasarkan kelas tertentu yang di padu padankan secara otomatis. Dengan pivot pengelompoka data akan mudah dilakukan dengan penyajian data yang sudah terangkum dan layout grafik yang sangat mudah dipahami oleh user. Diperlukan pelatihan pivot tabel bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) Kelompok I Kecamatan Ngaliyan. Pivot akan membantu memberikan kemudahan bagi guru ketika mengolah data Microsoft excel dengan cakupan data yang besar untuk kemudian perlu merangkum dalam sebuah bentuk layout dan grafik sederhana namun mudah dipahami selanjutnya menganalisa tanpa harus melakukan proses detail yang terlalu panjang.

Keywords


Pivot table; laporan kependidikan

Full Text:

PDF

References


A. R. Putri, "Optimalisasi Penggunaan Microsoft Excel Untuk Pengolahan Nilai Raport di SMAN 1 Ngunut Tulung Agung," J-ADIMAS, vol. 3, pp. 1-5, 2017.

B. Pamungkas, "Telaahan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer Akuntansi (Menggunakan Microsfot Excel) Dalam Penyajian Laporan Keuangan," pp. 90-97, 2018.

A. Setiawan, "Pembelajaran Ketrampilan Komputer dan Teknologi Informasi (Microsoft Excel) bagi Tenaga Pengajar PAUD Pada Korwilcam Kecamatan Jambu," Abdimasku, vol. 2, pp. 85-89, 2019.

S. Subagyo, "Manfaat Fitur Pivot Table Dari Microsoft Office Excel Untuk Pengeloaan Data Statistika Perpustakaan," Jurnal Pustakawan Indonesia, vol. 10, pp. 13-22, 2019.

H. Patmawati, "Penggunaan Software Microsoft Excel Sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir," pp. 124-129.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Achmad Wahid Kurniawan, Budi Widjajanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :