Pembuatan Label, Media Sosial, dan Papan Nama Usaha Hamper & Buket Zahra Florist

Ondi Asroni, Nurhafni Nurhafni, Rauhil Fahmi, Suciaty Ramdhani

Abstract


UMKM Zahra Florist, usaha yang bergerak di bidang pembuatan hamper dan buket di Lombok Tengah, menghadapi tantangan berupa branding yang kurang menarik dan minimnya pemasaran digital. Untuk itu, program pengabdian masyarakat ini dirancang untuk memberikan solusi berupa rebranding dan penguatan digital marketing. Program ini mencakup pembuatan label produk, papan nama usaha, serta pendaftaran akun media sosial Instagram, Shopee, dan penambahan lokasi di Google Maps. Edukasi diberikan kepada pemilik UMKM mengenai pentingnya branding dan pemasaran online. Pendampingan meliputi desain label, optimalisasi media sosial, serta pengelolaan marketplace. Dengan strategi ini, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk, visibilitas usaha, dan penjualan. Program ini juga ditargetkan menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah, laporan pengabdian, serta akun marketplace dan media sosial yang aktif. Target capaian meliputi peningkatan kualitas dan kuantitas produk, efisiensi pemasaran, pemanfaatan teknologi, serta peningkatan kesejahteraan pemilik UMKM. Dengan mengadopsi strategi pemasaran digital, UMKM Zahra Florist diharapkan mampu bersaing di era digitalisasi, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan profitabilitas

Keywords


UMKM Zahra Florist, Branding, Digital Marketing, Pemasaran Online, Rebranding

Full Text:

PDF

References


R. Rasyidah, “Strategi Pariwisata 4.0: Peran Milenial dalam Nation Branding Wonderful Indonesia 2016-2019,” Global and Policy Journal of International Relations, vol. 7, no. 02, Art. no. 02, Dec. 2019, doi: 10.33005/jgp.v7i02.1826.

P. Chinsuvapala, “Kotler, Philip and Keller Kelvin Lane.(2016). Marketing Management.(15th global edition) Edinburgh: Pearson Education.(679 pp).,” KASEM BUNDIT JOURNAL, vol. 18, no. 2, pp. 180–183, 2017.

J. J. S. al S. J. [et, Managing Quality Customer Service: Pelayanan yang Berkualitas. Sanata Dharma University Press, 2021.

“Penerapan Strategi Branding Menggunakan Media Sosial Instagram pada Studi Kasus Bisnis Dvaita Studio | JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner.” Accessed: Jan. 07, 2025. [Online]. Available: https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/598

F. P. N. Aolia, A. S. Muhtadi, and E. Dulwahab, “Pesan Iklan Shopee Al dan Andin sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran,” Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 445–466, 2021.

D. T. Anggarini, “Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Personal Branding dalam Membangun Citra dan Popularitas dalam Media Sosial,” Business Innovation and Entrepreneurship Journal, vol. 3, no. 4, pp. 259–268, 2021.

I. P. Wilujeng, I. Zutiasari, T. S. Dewi, A. R. Sungkar, and A. L. Gandono, “Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Batik Tulis di Lingkungan Cungking, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur,” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, vol. 4, no. 5, pp. 1203–1212, 2024.

N. Wirayanthy and S. Santoso, “Pengaruh harga, citra merek dan kualitas terhadap minat beli produk private label,” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 87–96, 2018.

B. Asrah, H. S. Lubis, C. Tarisa, and N. Nurwani, “Optimalisasi Strategi Digital Marketing Untuk Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Aras, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara,” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, vol. 7, no. 2, pp. 215–224, 2024.

A. Putri, R. Syahni, and H. Hasnah, “Branding Kopi Minang: Upaya Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan,” Journal of Socio-economics on Tropical Agriculture (Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Tropis)(JOSETA), vol. 6, no. 1, 2024, Accessed: Jan. 07, 2025. [Online]. Available: http://joseta.faperta.unand.ac.id/index.php/joseta/article/view/468/0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot online luxury89 situs toto