Pemanfaatan Media E-Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Bagi Guru – Guru SMP N 30 Semarang

Danang Wahyu Utomo, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh

Abstract


Perkembangan teknologi memberikan pengaruh bagi dunia pendidikan. Perlu adanya perubahan metode pengajaran agar pembelajaran lebih interaktif. Para siswa saat ini tidak asing lagi akan teknologi internet, mobile system dan social media. Para guru perlu mengimbangi perkembangan teknologi dari siswanya tersebut. Pembelajaran online bukan lagi pembelajaran yang baru di sekolah – sekolah. Banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran online yaitu salah satunya e-learning. Namun masih ada juga sekolah yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Salah satunya adalah SMP N 30 Semarang. SMP N 30 Semarang memiliki infrastruktur yang memadai seperti computer, internet dan server. Namun belum digunakan secara maksimal dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar. Para guru masih kesulitan dalam menerapan pembelajaran online dalam kelasnya. Perlu adanya pendampingan dalam penggunaan sistem e-learning. Sebelumnya, sistem e-learning  telah diusulkan namun masih belum maksimal dalam penggunaannya. para guru masih kesulitan dalam menggunakan dan menerapkan sistem pada siswa. Perlu adanya sosialisasi ulang untuk mendapatkan pemahaman khusus dalam proses pembelajaran online. Peneliti mengusulkan pengabdian tentang optimalisasi pemanfaatan e-learning dimana pengabdian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman khusus dasar e-learning dan bagaimana proses pengisian konten dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Hadar, I., Sherman, S. and Hazzan, O. (2008) ‘Learning human aspects of collaborative software development’, Journal of Information Systems, (1). Available at: http://pdf.aminer.org/000/590/286/teaching_the_human_aspect_of_software_engineering_a_case_study.pdf (Accessed: 11 July 2013).

Utomo, D. W. et al. (2015) ‘Tool Enhancement For Collaborative Software Engineering Education’, 2015(Sentika), pp. 9–16.

Utomo, D. W. and Subhiyakto, E. R. (2016) ‘Assessing Novice Teams in Collaborative Software Engineering Education’, 2016(Snati), pp. 23–28.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Danang Wahyu Utomo



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :