Kepedulian Akademisi untuk Tenaga Medis dalam Penanganan COVID-19

Kusni Ingsih, St. Dwiarso Utomo, Zaky Machmuddah

Abstract


Keterbatasan jumlah tenaga medis menyebabkan kondisi fisik dan psikologis tenaga medis terdampak. Penambahan jam kerja, penggunaan alat pelindung diri (APD) yang membuat mereka tidak nyaman, stres kerja, kecemasan tertular kepada keluarga bisa menyebabkan penurunan kinerja tenaga medis. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai dukungan untuk menguatkan tenaga medis agar mereka tetap mampu menjalankan tugasnya. Memberikan dukungan baik secara material maupun non material merupakan solusi yang diberikan. Dukungan material diberikan dalam bentuk pemberian alat pelindung diri (APD), masker, face shield, hand sanitizer, selain itu juga diberikan nutrisi penunjang berupa makanan dan minuman bergizi sebagai penunjang kesehatan tenaga medis, seperti susu, roti, snack, vitamin C, dan lain sebagainya. Sedangkan dukungan non material diberikan dalam bentuk motivasi yang disampaikan secara langsung dari para akademisi untuk para tenaga medis sebagai penyemangat untuk meningkatkan imunitas secara psikologis. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah dengan: memproduksi alat pelindung diri (APD), face shield, dan hand sanitizer, membagikan bantuan serta memberikan motivasi. Kegiatan seperti ini sebaiknya dilakukan secara berkala untuk memberikan dukungan kepada tenaga medis selaku garda paling, selain itu juga sebaiknya para akademisi bekerjasama dengan pemerintah, organisasi masyarakat, organisasi sosial dan instansi yang lainnya.

Keywords


Covid-19 pandemic, medical personnel, material support, non-material support

Full Text:

PDF

References


Barzilay, R., Moore, T. M., Greenberg, D. M., Didomenico, G. E., Brown, L. A., White, L. K., Gur, R. C., Gur, R. E. (2020). Resilience, Covid-19-related stress, anxienty and depression during the pandemic in a large population enriched for healthcare providers. Translational psychiatry, Vol. 10 (291), 1-8.

Kilinc, T. and Celik, A. S. (2020). Relationship between the social support and psycological resilience levels perceived by nurses during the covid-19 pandemic: a studi for Turkey. Perspective in psychiatric care, 1-9.

Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological review, Vol. 50 (4), 370-396.

Robbins P.S., 2006. Prinsip-prinsip perilaku organisasi. Edisi kesepuluh, Penerbit PT Indeks: Jakarta.

Saleha, N., Asmawanti, D., Delfina, R. (2021). UNIB peduli tenaga medis pejuang covid-19. Communnity development journal, Vol. 2 (2), 176-180.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kusni Ingsih, St, Dwiarso Utomo, Zaky Machmuddah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :