Workshop Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Bahasa Jepang Se-Kota Semarang

Dwi Puji Asrini, Silvia Nurhayati, Andy Moorad Oesman

Abstract


Penelitian tindakan kelas hakekatnya dilakukan guna membuat guru menjadi lebih tanggap dan peka terhadap dinamika pembelajaran di kelas. Guru akan menjadi lebih kritis terhadap apa yang telah dilakukan dan juga murid lakukan di dalam kelas. Berdasarkan observasi menunjukkan bahwa para Guru bahasa Jepang khususnya di wilayah Semarang masih merasa kesulitan ketika menyusun proposal penelitian tindakan kelas, Dari 20 Guru bahasa Jepang yang di tanya, 15 orang menjawab mereka belum pernah melakukan penelitian tindakan kelas. Tiga belas orang menyatakan bahwa sudah sering mendengar istilah penelitian tindakan kelas, namun belum pernah melakukan. Penyebab utamanya karena tidak tahu mereka akan meneliti apa, tidak tahu bagaimana cara melaksanakan penelitian, dan tidak tahu bagaimana cara menyususn proposal penelitian tindakan kelas. Mereka merasa pembelajaran di kelas selama ini tidak ada permasalahan. Berdasarkan hasil wawancara tersebut maka perlu diberikan workshop supaya guru bahasa Jepang utamanya di kota Semarang dapat mengetahui seluk-beluk tentang penelitian tindakan kelas. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama 8 bulan kepada Guru bahasa Jepang se-kota Semarang. Tujuan program ini untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu mengenai penelitian tindakan kelas. Cara mengatasi permasalahan mitra yaitu dengan memberikan workshop mengenai penelitian tindakan kelas, pendampingan bagaimana menemukan permasalahan di kelas, dan bagaimana menyusun proposal penelitian tindakan kelas.

 


Keywords


workhsop, penelitian tindakan kelas, bahasa Jepang

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara; 2006.

Djamaroh, Syaiful Bahri. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta;2005.

Furchan, H. Arief. Pengantar penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar; 2004.

Marzano, R. Classroom instruction that works; In Classroom Instruction.

Nayibe Rosado Mendinueta, K. C. Journal of language teaching and

research. 2017; 8(2);1–444. http://www.academypublication.com/ojs/

index.php/jltr/article/view/jltr06062571268/452%0Ahttps://

www.mendeley.com/catalogue/dca028ce-4a98-36be-97c1-

dcd6d6336f5b/

Saminanto. Ayo praktik PTK; Penelitian tindakan kelas. Semarang;

RaSAIL Media Group; 2010.

Sanjaya, Wina. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana; 2010.

Wiratmaja, Rochiati. Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja

Rosdakarya;2005.

Woodward, T. Planning lessons and courses: Designing sequences of

work for the language classroom. Cambridge University Press; 2001.

Zhang, S., & Cheng, Q. Learning to teach through a practicum-Based

microteaching model. Action in teacher education. 2011; 33(4); 343–

https://doi.org/10.1080/01626620.2011.620523




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i2.3002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 dwi puji asrini



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :