Pelatihan Desainer Grafis Junior Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendal

Novi Hendriyanto, Agus Winarno, Candra Irawan, Fikri Budiman, Edi Sugiarto

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kendal dengan fokus pada peningkatan kompetensi siswa jurusan Desain Komunikasi Visual melalui pelatihan Desainer Grafis Junior. Kegiatan dirancang untuk mengembangkan keterampilan teknis dalam pengoperasian perangkat lunak desain profesional (CorelDraw dan Adobe Photoshop) serta memperdalam pemahaman prinsip desain visual. Pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, pemberian pelatihan secara bertahap, dan evaluasi capaian melalui pre-test dan post-test. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan dan keterampilan peserta, dengan luaran berupa karya desain grafis, video pembelajaran, serta pendaftaran hak kekayaan intelektual.

 

 


Keywords


desain grafis, pelatihan, SMK, desain komunikasi visual

Full Text:

PDF

References


J. Howkins, The Creative Economy: How People Make Money from Ideas, Penguin, 2020.

D. Chandra and H. Sugiarto, “Industry Needs for Visual Design Competencies in the Digital Era,” Journal of Creative Industries, vol. 15, no. 2, pp. 45–53, 2021.

World Economic Forum, The Future of Jobs Report 2023. Geneva: WEF, 2023.

Direktorat SMK, Panduan Implementasi Kurikulum SMK Berbasis Industri Kreatif, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2020.

A. Prasetyo and S. Nugroho, “Challenges in Vocational Graphic Design Education: A Case Study in Indonesia,” International Journal of Vocational Education, vol. 8, no. 1, pp. 77–85, 2022.

OECD, Skills Outlook 2021: Learning for Life, Paris: OECD Publishing, 2021.

R. Santoso, “Bridging the Skills Gap through Practical Training in Visual Communication Design,” Indonesian Journal of Community Engagement, vol. 5, no. 3, pp. 101–112, 2023.

BPS, Statistik Industri Kreatif Indonesia 2022, Badan Pusat Statistik, 2022.

Suryana, D., & Hartati, L. (2022). Desain Modul Pelatihan Berbasis CorelDRAW untuk Masyarakat Umum. Jurnal Pengabdian Digital Kreatif, 4(1), 14–21.

Nugroho, T., Putri, W., & Andika, R. (2021). Efektivitas Metode Learning by Doing dalam Pelatihan Software Desain Grafis. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 77–84.

Wahyuni, R., Salsabila, H., & Mulyadi, A. (2023). Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Keterampilan di Komunitas. Jurnal Abdimas Nusantara, 7(1), 39–47.

Fadhilah, S., Anisa, R., & Wibowo, T. (2023). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat melalui Desain Grafis. Jurnal Abdimas Kreatif, 6(1), 33–41.

Yuliana, D., & Hasan, M. (2021). Penggunaan CorelDRAW sebagai Media Desain Visual dalam Pendidikan Nonformal. Jurnal Edukasi dan Teknologi, 9(3), 123–130.

Fadhilah, S., Anisa, R., & Wibowo, T. (2023). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat melalui Desain Grafis. Jurnal Abdimas Kreatif, 6(1), 33–41.

Rahmawati, E., & Nugraheni, L. (2021). Efektivitas Pelatihan Berbasis Praktik Langsung untuk Penguatan Skill Desain. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 4(2), 99–107.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i3.3009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novi Hendriyanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :