Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Mencegah Judi Online di Kalangan Siswa: Perspektif dari Studi Kasus Siswa SMA At-Thohiriyyah

Amiq Fahmi, Edi Sugiarto, Fikri Budiman, Edy Mulyanto, Karis Widyatmoko

Abstract


Kemajuan teknologi digital telah membawa banyak manfaat dalam bidang pendidikan dan akses informasi. Namun, kemudahan tersebut juga menghadirkan tantangan serius bagi generasi muda, khususnya maraknya praktik judi online yang memanfaatkan celah dalam literasi digital pelajar yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi peningkatan literasi digital sebagai upaya preventif terhadap risiko keterlibatan siswa dalam praktik judi online, dengan studi kasus di SMA At-Thohiriyyah Kota Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui survei pra dan pasca intervensi, wawancara mendalam, serta observasi partisipatif selama kegiatan pelatihan literasi digital. Fokus utama mencakup pemetaan pemahaman awal siswa, pengukuran tingkat literasi digital sebelum dan sesudah pelatihan, serta evaluasi perubahan sikap dan perilaku terhadap konten digital yang berisiko. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kesadaran siswa terhadap dampak finansial, sosial, dan psikologis dari praktik judi online. Siswa juga menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mengenali informasi kredibel, berpikir kritis terhadap konten manipulatif, serta memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Temuan ini merekomendasikan pengembangan program literasi digital yang holistik, kontekstual, dan berkelanjutan dengan melibatkan sekolah, keluarga, serta pemangku kepentingan untuk menciptakan ekosistem digital yang aman dan suportif bagi peserta didik.

Keywords


Judi Online; Peningkatan Litrasi Digital; SMA At-Thohiriyyah; Strategi Preventif

Full Text:

PDF

References


Abarbanel, B., & Johnson, M. R. (2020). Gambling engagement mechanisms in Twitch live streaming. International Gambling Studies, 20(3), 393–413. https://doi.org/10.1080/14459795.2020.1766097

Administrator, Indonesia. go. id. (2024, Desember). Indonesia.go.id—Menggalakkan Literasi Digital dan Literasi Keuangan untuk Tekan Pengaruh Judi Online. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8823/menggalakkan-literasi-digital-dan-literasi-keuangan-untuk-tekan-pengaruh-judi-online?lang=1

Ahmad, F., Hartana, H., & Aji Hari Setiawan, P. (2024). Kemudahan dan Kebebasan Mengakses Judi Online di Jejaring Sosial Media Bagi Seluruh Kalangan Masyarakat Indonesia. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(12). https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i12.307

Bakhtiar, S. H., & Adilah, A. N. (2024). Fenomena Judi Online: Faktor, Dampak, Pertanggungjawaban Hukum. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1016–1026.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Carcelén-García, S., Narros-González, M. J., & Galmes-Cerezo, M. (2023). Digital vulnerability in young people: Gender, age and online participation patterns. International Journal of Adolescence and Youth, 28(1), 2287115. https://doi.org/10.1080/02673843.2023.2287115

Costa, M. de C. da, Olinda, A. L. S., & Santos, A. P. dos. (2024). Digital technologies in education: Challenges and opportunities for teaching and learning. https://sevenpublicacoes.com.br/anais7/article/view/4823

Giménez Lozano, J. M., & Morales Rodríguez, F. M. (2022). Systematic Review: Preventive Intervention to Curb the Youth Online Gambling Problem. Sustainability, 14(11), Article 11. https://doi.org/10.3390/su14116402

Gunawan, I. (2024). Dampak Judi Online Di Kalangan Mahasiswa Dari Sudut Pandang Tokoh Max Waber Dan Emile Durkhiem. AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31602/alsh.v10i1.14285

Hancock, J., & Srour, R. (2024, September 25). Teens, screens and mental health [Organization]. New WHO Report Indicates Need for Healthier Online Habits among Adolescents. https://www.who.int/europe/news/item/25-09-2024-teens--screens-and-mental-health

Hao, Z. (2024). Digital Technology in Education: Navigating the Challenges and Opportunities for the 21st Century Learner. Transactions on Comparative Education, 6(3), 139–143.

Hikmah, N. (2024, Oktober). Media Sosial Ini Sering Menayangkan Iklan Judi Online di Indonesia. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/media-sosial-ini-sering-menayangkan-iklan-judi-online-di-indonesia-qzNhl

Hollis, C., Livingstone, S., & Sonuga‐Barke, E. (2020). Editorial: The role of digital technology in children and young people’s mental health – a triple ‐edged sword? Journal of Child Psychology and Psychiatry, 61(8), 837–841. https://doi.org/10.1111/jcpp.13302

Laras, A., Salvabillah, N., Caroline, C., Dinda, F., & Finanto, M. (2024). Analisis Dampak Judi Online di Indonesia. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(2), 320–331.

Mahilda, F. M., & Setiawan, A. I. B. (2025). Dampak Kecanduan Judi Online Terhadap Perilaku Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma. Journal Innovation In Education, 3(1), 33–47.

Mills, D. J., Li Anthony, W., & Nower, L. (2021). General motivations, basic psychological needs, and problem gambling: Applying the framework of Self-Determination Theory. Addiction Research & Theory, 29(2), 175–182. https://doi.org/10.1080/16066359.2020.1787389

Parveen, S., & Ramzan, S. I. (2024). The Role of Digital Technologies in Education: Benefits and Challenges. International Research Journal on Advanced Engineering and Management (IRJAEM), 2(06), 2029–2037.

Research, B. (2025, November 10). Age Range by Generation | Beresford Research. https://www.beresfordresearch.com/age-range-by-generation/

Rich, M., & Stott, C. (2025). Beyond the Headlines: What Kids Need in Today’s Digital World (A Message from Our Founder & Director, Michael Rich and Our Executive Director, Cori Stott) [Impact Report]. https://digitalwellnesslab.org/articles/beyond-the-headlines-what-kids-need-in-todays-digital-world/

Sahputra, D., Afifa, A., Salwa, A. M., Yudhistira, N., & Lingga, L. A. (2022). Dampak Judi Online Terhadap Kalangan Remaja (Studi Kasus Tebing Tinggi). Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 139–156.

Santosa, N. M., Putri, A. S., Kinanti, D. A., & Supriyadi, T. (2024). Dampak Sosial dan Psikologis Dari Perjudian Online. Well Being: Journal Psychology, 1(1), 64–73.

Sari, A. K., Al-Fajrih, M., & Ahdiyanti, I. (2024). Dampak Judi Online Terhadap Kesehatan Mental Dan Hubungan Sosial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 31–44.

Siringoringo, A. C., Yunita, S., & Jamaludin, J. (2024). Tren Perjudian Online di Kalangan Mahasiswa: Dampak, dan Upaya Pencegahannya. Journal on Education, 6(2), 10948–10956.

Susanto, B., & Husain, A. (2024). Industrial Online Gambling as Dangerous Cyber Crime in Indonesia. Jurnal Improsci, 2(1), 18–26.

Turekulova, A., Mukhambetova, L., Chimgentbayeva, G., & Doshan, A. (2024). Social, Labor, and Economic Behavior of Young People in the Context of the Emergence of a Digital Society. E3S Web of Conferences, 537, 02026. https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2024/67/e3sconf_sdea2024_02026/e3sconf_sdea2024_02026.html

Unesco, U. N. E., Scientific and Cultural Organization. (2024). Youth report 2024: Technology in education: A tool on our terms! - UNESCO Digital Library. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000391118

Utami, O. A. C., Latifah, E., & Agustin, I. A. U. (2025). Upaya Pencegahan Judi Online Pada Usia Remaja. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 4(1), 103–120.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i3.3040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Amiq Fahmi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :