Psikoedukasi untuk Mengatasi Overwhelmed pada Guru dan Relawan Sekolah Nonprofit

Dina Syakina, Riblita Damayanti

Abstract


Tingginya tuntutan kerja, keterbatasan sumber daya, dan ekspektasi sosial yang tidak seimbang dapat memicu perasaan overwhelmed pada guru dan relawan, khususnya di sekolah non-profit seperti Sekolah Janji Baik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi psikologis dan kapasitas pengelolaan stres melalui intervensi psikoedukatif yang disesuaikan dengan konteks mitra. Metode pelaksanaan terdiri atas tiga tahap: persiapan (penyusunan modul, video, pre-test), pelaksanaan (psikoedukasi interaktif, diskusi kelompok, dan distribusi materi), serta evaluasi (analisis pre-posttest dan observasi partisipasi). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap konsep overwhelmed, dampaknya terhadap keseharian, serta strategi coping yang adaptif. Intervensi ini berhasil membangun self-awareness dan membuka ruang validasi emosi dalam konteks kerja yang penuh tekanan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa intervensi psikoedukatif berbasis komunitas dapat menjadi strategi efektif untuk mencegah burnout di lingkungan pendidikan non-profit.

Keywords


Kata kunci: psikoedukasi, overwhelmed, guru, relawan, sekolah non-profit

Full Text:

PDF

References


Maslach C, Leiter MP. Understanding the burnout experience: recent research and its implications for psychiatry. World Psychiatry. 2016;15(2):103–111.

Pressley T. Factors contributing to teacher burnout during COVID-19. Educational Researcher. 2021;50(5):325–327.

Kim LE, Asbury K. ‘Like a rug had been pulled from under you’: The impact of COVID‐19 on teachers in England during the first six weeks of the UK lockdown. Br J Educ Psychol. 2020;90(4):1062–1083.

Sokal L, Trudel LE, Babb J. Canadian teachers’ attitudes toward change, efficacy, and burnout during the COVID-19 pandemic. Int J Educ Res Open. 2020;1:100016.

Hakanen JJ, Bakker AB, Schaufeli WB. Burnout and work engagement among teachers. J Sch Psychol. 2006;43(6):495–513.

Shoji K, Cieslak R, Smoktunowicz E, Rogala A, Benight CC, Luszczynska A. Associations between job burnout and self-efficacy: a meta-analysis. Anxiety Stress Coping. 2016;29(4):367–386.

Hoover-Dempsey KV, Sandler HM. Why do parents become involved in their children’s education? Rev Educ Res. 1997;67(1):3–42.

Caprara GV, Barbaranelli C, Steca P, Malone PS. Teachers’ self-efficacy beliefs as determinants of job satisfaction and students’ academic achievement: a study at the school level. J Sch Psychol. 2006;44(6):473–490.

Skaalvik EM, Skaalvik S. Teacher stress and teacher self-efficacy: relations and consequences. Int J Educ Res. 2010;48(4):235–246.

Regehr C, Glancy D, Pitts A, LeBlanc VR. Interventions to reduce the consequences of stress in physicians: a review and meta-analysis. J Nerv Ment Dis. 2014;202(5):353–359.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i3.3064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dina Syakina Syakina



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :