Knowledge, Attitude, and Practical Using of Filtration Tool in Woman Farmer Group at Tanjung Mas Semarang

Lenci Aryani, Eko Hartini, Eti Rimawati

Abstract


Kelompok Wanita Tani “Tunas Bahagia” di RW 9 Kelurahan Tanjung Mas salah satu yang masih aktif di Kota Semarang. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara, manfaat dan aplikasi alat filtrasi untuk meningkatkan produksi pertanian di area perkotaan dalam memberikan produksi pangan. Permasalahan pada KWT, kurangnya sumber air yang dekat dan memenuhi kualitas sumber air untuk irigasi pada lahan pertanian. Pengetahuan kelompok wanita tani beberapa belum paham terkait isi media dan pelatakan alat filtrasi, Sikap kelompok wanita terhadap alat filtrasi sudah menunjukkan positif, dan Peserta dapat mempraktikkan alat filtarsi pada wilayah lahan kelompom wanita tani dengan sangat baik. Diperlukan adanya edukasi secara berkelanjutan untuk pemanfaatan alat filtrasi selain untuk penyiraman juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Pemberdayaan kelompok wanita tani juga perlu ditingkatkan.


Keywords


Farm women group; filtration equipment; agricultural land

Full Text:

PDF

References


Susana T. Air Sebagai Sumber Kehidupan. Oseana [Internet]. 2003;28(3):17–25. Available from: www.oseanografi.lipi.go.id

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Vol. 1, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta; 2001. p. 43.

Handayani S, Manglapy YM, Rimawati E. Penilaian Literasi Kesehatan Stakeholder Kelurahan Tanjung Mas dalam Pembentukan Kelurahan Tanjung Mas Kelurahan Literasi. Abdimasku J Pengabdi Masy. 2020;3(2):63.

Asmadi, Khayan, Kasjon HS. Teknologi Pengolahan Air Minum. In: Asmadi, editor. Teknologi Penglolaan Air Minum “Teori dan Pengalaman Praktis.” 1st ed. yogyakarta: Gosyen Publishing; 2011. p. 1–80.

Said NI, Ruliasih R. Pengolahan Air Sungai Skala Rumah Tangga Secara Kontinyu. In: Said NI, editor. Teknologi Penglolaan Air Minum “Teori dan Pengalaman Praktis.” 1st ed. 2008. p. 284–305.

Balai Pelatihan Kesehatan, Cikarang. Penjernihan Air Dengan Metode Sedimentasi. In: Penjernihan Air Dengan Metode Sedimentasi. 1st ed. Cikarang: Balai Pelatihan Kesehatan; 2013. p. 1–15.

Irianto K. Diktat Pengelolaan Air. In: Irianto K, editor. Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi Universitas Warmadewa. 1st ed. Bali: Universitas Warmadewa; 2015. p. 1–74.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lenci Aryani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :