IbM Peningkatan Strategi Pemasaran Bagi UMKM Kerajinan Tangan Kota Semarang Sebagai Upaya Peningkatan Inovasi, Kreativitas, serta Taraf Perekonomian

Edi Sugiarto, Karis Widyatmoko

Abstract


Kerajinan tangan tradisional adalah kegiatan seni yang menitik beratkan pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku umumnya tersedia disekitar menjadi sebuah karya dengan fungsi utamanya tersendiri. Indonesia dikenal memiliki ribuan jenis karya tangan yang tersebar dari seluruh pelosok negeri. Di kota semarang sendiri terdapat sekitar 2% pengusaha kerajinan tangan dari total 17.602 program UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Saat ini pemerintah telah mencanangkan program UMKM untuk membantu para pengrajin menemukan pangsa pasarnya sehingga diperlukan suatu upaya untuk mempertemukan para pengrajin tersebut dengan pecinta kerajingan tangan tradisional dalam bentuk teknologi yang dapat diakses secara online bagi para penjual dan pembeli seperti marketplace. Guna memberikan pemahaman tentang pentingnya teknologi dalam meningkatkan pemasaran maka pengabdian ini dilakukan dengan menitik beratkan pada pemahaman para pelaku UMKM mengenai konsep marketplace. Dikembangkan pula prototype marketplace yang secara khusus digunakan untuk produk kerajinan tangan yang kemudian diterapkan serta untuk digunakan bagi UMKM kerajinan tangan untuk menampilkan produk-produknya pada dunia maya sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.


Keywords


kerajinan tangan, teknologi informasi, marketplace.

Full Text:

PDF

References


. Purwani Puji Utami (2019), “PKM Kelompok UMKM Kerajinan Tangan Unik Laut”, Abadimas Adi Buana, Vol. 03, No. 1, 1 Juli 2019.

. Supriyanto (2006), “Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan”, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1.

. https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media, diakses pada 05 desember 2020.

. Eka Septiana S (2020), “Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar”, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 4, No. 1, Hal : 133-142.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edi Sugiarto, Karis Widyatmoko



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :