Pembelajaran Berkomunikasi Secara Mandiri Menggunakan Aplikasi Indottavs Siswa Tuna Rungu Wicara Pada SLB Widya Bhakti Dan SLB Swadaya Semarang

- Muljono, R Arief Nugroho, - Pujiono, Septian Enggar Sukmana, Syaiful A. Septemuryantoro

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di  kota Semarang adalah sangat sedikitnya jumlah SLB yang menangani siswa tuna rungu dan sangat terbatasnya jumlah guru khusus untuk melatih berkomunikas bagi siswa berkebutuhan khusus tuna rungu. Dengan adanya ketidakseimbangan rasio guru dan siswa, dimana jumlah guru sangatlah sedikit dibanding dengan jumlah siswa berkebutuhan khusus tuna rungu, maka banyak siswa tidak dapat tertangani secara rutin dan berkelanjutan dalam belajar dan berlatih berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Selain hal tersebut, kegiatan melatih berkomunikasi membutuhkan waktu yang lama dan berkelanjutan, sehingga banyak guru dan siswa yang jenuh dan bosan dalam kegiatan tersebut. Perguruan Tinggi (PT) adalah salah satu lembaga yang diharapkan berperan aktif dalam proses terlaksananya transfer ilmu pengetahuan atau knowledge transfer kepada masyarakat luas dalam  bentuk  diseminasi  hasil  penelitian  yang telah  dilakukan. Pelatihan pembelajaran mandiri berkomunikasi untuk siswa tuna rungu menggunakan sistem aplikasi Text To Audio Visual Speech Bahasa Indonesia (IndoTTAVS) yang telah penulis kembangkan, bertujuan untuk mengatasi permasalahan terbatasnya jumlah SLB dan guru yang menangani siswa tuna rungu, mengatasi kejenuhan dan kebosanan dalam proses belajar mengajar serta mempercepat kemampuan berkomunikasi bagi siswa tersebut. Aplikasi IndoTTAVS adalah sebuah aplikasi yang dapat membangkitkan suara dengan visualisasi (audio-visual) dari text yang dimasukkan. Visualisasi yang dibangkitkan dari text masukan, berupa sebuah animasi dari bentuk mulut yang terdiri dari bibir, gigi dan lidah yang akan bergerak sesuai dengan suara yang dihasilkan. Siswa dapat belajar berkomunikasi dengan cara menirukan gerakan mulut (bibir, gigi dan lidah) untuk berlatih bicara sesuai text yang diinputkan. Pelatihan sudah dilakukan di SLB B Swadaya dan SLB B Widya Bhakti Semarang. Siswa berlatih untuk memahami apa yang diucapkan dengan membaca gerakan mulut bibir (lip-reading) dari aplikasi dan berlatih menirukannya. Sistem ini dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dan dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu pembelajaran dalam kelas.


Keywords


: Bahasa Indonesia, Knowledge Transfer, Text To Audio Visual Speech, Tuna Rungu Wicara, Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Agus, S., 2008. Manfaat Komputer Dalam Pembelajaran. Makalah Dalam Mata Kuliah Aplikasi Komputer dan Internet.

Efendi, M., 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. PT. Bumi Aksara Jakarta.

Harjanti, A., 2012. Korelasi Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kemensos RI, 2011. Pedoman Penjangkauan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rungu Wicara di Masyarakat. Jakarta. Direktorat Rehabilitasi Sosial Orang dengan Kecacatan Jakarta.

Muljono, _, Sumpeno, S., Arifianto, D., Aikawa, K., Purnomo, M.H., 2016. Developing an Online Self-learning System of Indonesian Pronunciation for Foreign Learners. Int. J. Emerg. Technol. Learn. IJET 11, 83–89.

Muljono, M., Sumpeno, S., Arifin, A., Arifianto, D., Purnomo, M.H., 2016. Indonesian Text to Audio Visual Speech with Animated Talking Head. Int. Rev. Comput. Softw. IRECOS 11, 261–269.

Nurhadi, 2005. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Samsu, S., 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tarigan, H.G., 1985. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa, Bandung.

Zainul, M., 2007. Penggunaan Komputer dan Akses Internet Sebagai Pendukung dalam Aktifitas Belajar Tunanetra (Stadi Kasus Terhadap Siswa dan Mahasiswa Tunanetra Pengguna Komputer dan Internet di Yayasan Mitra Netra. UPI, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muljono -



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :