Pengelolaan Media Komunikasi Sekolah dalam Menjalin Hubungan dengan Stakeholders pada RA Al Hikmah

Erisa Adyati Rahmasari

Abstract


Media promosi sekolah merupakan salah satu cara memperkenalkan suatu sekolah kepada khalayaknya baik kepada lingkungan, calon siswa, rekan sejawat sesama sekolah yang biasa disebut dengan stakeholders. Persoalan yang muncul adalah keterbatasan kemampuan pengelola dan keterbatasan dana yang dimiliki pihak sekolah dalam mengurus media sosialnya. RA Al Hikmah Jatingaleh Kota Semarang merupakan sekolah setara dengan taman kanak-kanak yang berbasis agama Islam yang masih terbatas dalam pengelolaan media promosi sekolahnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan mitra sekolah terkait pelatihan pembuatan media sekolah dan praktek desain bagi guru selaku pengelola media promosi sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan melalui observasi lapangan dan tanya jawab dengan pihak mitra yang berlangsung sebelum hingga akhir kegiatan, dilanjutkan dengan penyampaian materi teoritis terkait pengenalan huruf atau typografi,klasifikasi media promosi, komunikasi persuasif dilanjutkan dengan praktek desain photoshop dan twibbonize. Hasil evaluasi kegiatan yaitu terjadinya peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam menyususn teks pesan persuasive dalam media promosi sekolah, klasifikasi media promosi dan peningkatan kompetensi guru dalam mengaplikasikan software photoshop dan twibonize.


Keywords


media promosi; pelatihan guru. media twibonize

Full Text:

Untitled PDF

References


Fedora, Dwi Sherly,Hudiyono, Risca Fleuretta.2019. Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder) Pada Unit Hubungan Masyarakat (Humas) Dan Kesekretariatan Pt Semen Padang.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 2 No.1

BPK, 2003. Sistem Pendidikan Nasional, melalui https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003 diunduh pada 9 Desember 2020.

Kemdikbud. 2020. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) PER Kec. Candisari, melalui

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21_tkra.php?kode=036306&level=3

diunduh pada 9 Desember 2020.

Kemdikbud. 2020. Profil Satuan Pendidikan Lembaga, melalui

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=69743361 diakses pada 11

Desember 2020.

Mukaromah, Yanuarsari, Pratiwi.2021. Pengelolaan Desain Dan Pesan Persuasif Pada Media Promosi Sekolah. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 4 Nomor 2 Mei 2021

Siminto.2014. Pelaksanaan Prinsip Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Kepada Dosen Melalui Short Message Service. diunggah dalam Seminar Nasional Prasasti.

https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/490/454




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erisa Adyati Rahmasari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :