IbM Pendampingan Penggunaan Sistem Ujian Online Kepada Guru-guru MA Al Hadi Mranggen

Defri Kurniawan

Abstract


Pelaksanaan Ujian Nasional di Indonesia telah menggunakan komputerisasi guna menggantikan sistem yang lama yaitu ujian nasional menggunakan kertas dan pensil. Adanya ujian nasional berbasis komputer, memberikan keuntungan dalam hal efisiensi waktu, biaya, mengurangi kecurangan, dan mempercepat proses evaluasi. Madrasah Aliyah Al Hadi yang berada di desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Demak merupakan sekolah yang telah menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun berdasarkan Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah tahun pelajaran 2017/2018 ketiga Program Studi pada Madrasah Aliyah Al Hadi masih masuk pada kategori Kurang. Kurangnya nilai UN siswa pada beberapa Program Studi tersebut, dapat disebabkan oleh kurangnya siswa dalam berlatih (try out) mengerjakan soal-soal UN dengan menggunakan komputer. Paperless Test System merupakan sistem yang dikembangkan dari penelitian untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, dengan memberikan test yang dikerjakan secara online dengan batas waktu tertentu. Ketrampilan dalam pembuatan bank soal diberikan kepada guru-guru MA Al Hadi pada pelatihan penggunaan aplikasi Paperless Test System. Hasil pelatihan menunjukkan guru-guru MA Al Hadi menjadi lebih mengenal dan memahami penggunaan sistem ujian tanpa kertas sebagai media evaluasi hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasioanl, Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2015.

R. Pakpahan, “Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 1, no. 1, pp. 19-35, 2016.

R. Arief dan E. Suryani, “Sistem Dinamik Ujian Nasional Berbasis Komputer Untuk Meminimalkan Resiko Kecurangan Serta Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Anggaran,” Integer Journal, vol. 1, no. 2, pp. 67-75, 2016.

K. "kemdikbud.go.id," 2018. [Online]. Available: https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. [Accessed 4 10 2018].

E. Yulia, R. dan M. Nasir, “Hubungan antara Hasil Uji Kognitif Try Out Ujian Nasional (UN) dengan Hasil Ujian Nasional (UN) Mata Pelajaran Kimia SMA Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), vol. 1, no. 3, pp. 35-42, 2016.

F. Narimo, B. and M. Sapti, "HUBUNGAN NILAI TRY OUT TERHADAP NILAI UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP DI KECAMATAN SAPURAN," Ekuivalen, vol. 9, no. 1, pp. 38-44, 2014.

R. R. Sani and D. Kurniawan, "Analysis And Design Of Online Exam System At School Using Unified Model," in ISRITI, Yogyakarta, 2018.

R. R. Sani and D. Kurniawan, "Rancang Bangun Sistem Try Out Berbasis Paperless Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa Dengan MVC," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 6, no. 3, pp. 277-286, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Defri Kurniawan



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :