Optimalisasi Kinerja, Fasilitas, dan Pengembangan Mini Cafe BUMDes Surya Kebaman

Fitri Meliana, L. Dyah Purwita WSWW

Abstract


Desa Kebaman merupakan salah satu dari beberapa desa di Kecamatan Srono yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bernama BUMDes “Surya Kebaman”. BUMDes “Surya Kebaman” ini didirikan pada tahun 2017, akan tetapi baru aktif beroperasi pada tahun 2020 dibawah kepengurusan yang baru. Pendapatan yang diperoleh BUMDes belum sesuai dengan yang diharapkan karena terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan KKN Back to Village 3 ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu tata letak produk yang baru, digitalisasi pencatatan penjualan, variasi jenis kopi dan menu lainnya, pengetahuan tentang berbagai macam teknik menyeduh kopi, serta strategi peningkatan value added produk makanan dan minuman. Keseluruhan kegiatan disambut baik oleh Kepala Desa dan diharapkan untuk segera diimplementasikan oleh pengelola BUMDes Surya Kebaman.


Keywords


BUMDes; Desa Kebaman; pendapatan

Full Text:

PDF

References


Kementerian Desa PDTT, 2015, Badan Usaha Milik Desa Spirit Usaha Kolektif Desa, Kementerian Desa, Jakarta.

Undang-Undang No. 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Desa.

Asdi, Irwan A., dan Pahira, 2019, Analisis tata letak fasilitas produksi pada proses produksi mie telor UD Sumber Rezeki di Kota Makassar, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.8 No.4, hal 355-363

Atmoko, P. W., 2015, Digitalisasi dan Alih Media, Universitas Bramelati, Malang.

Hayami, Y., T, Kawagoe, Y. Morooka dan M. Siregar, 1987, Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective from A Sunda Village, CGPRT Centre, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Meliana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :