Peningkatan Sumberdaya Panti Asuhan Dalam Pengamankan Aset Informasi Dengan Teknologi Literasi Informasi

MY Teguh Sulistyono, Wellia Shinta Sari, Siti Hadiati Nugraini, Maulana Zaky Muhammad, Amartya Anugrah Indrawati Lestari, Belinda Elsa Aulia Sinatrya, Richard Emmerig

Abstract


Perguruan Tinggi adalah salah satu lembaga pendidikan yang membatu dan berperan aktif di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mentransfer ilmu pengetahuan atau knowledge transfer kepada lembaga-lembaga pendidikan lain baik yang setara ataupun yang berada dibawahnya, baik pendidikan formal atau non formal. Salah satu lembaga-lembaga pendidikan  yang membutuhkan knowledge transfer adalah dalam bidang pendidikan.

Tujuan dibentuknya teknlogi literasi dalam penanganan dokumen adalah untuk mendata dan mengolah dokumen-dokumen menjadi informasi yang penting digunakan untuk kepentingan dan kemajuan dimasa yang akan datang. Agar aset dokumen dan informasi aman, tidak diambil pihak yang tidak bertangung jawab terjaga keutuhannya, maka peran sumberdaya dalam mengelola aset dokumen dan informasi melalui pembelajaran sistem deteksi dan koreksi kesalahan pada komunikasi data sangat penting.

Panti Sosial Asuhan Anak Aisyiyah Semarang dijadikan mitra karena berhubungan dengan permasalahan dalam penanganan dokumen agar dapat dilihat semua pihak yang berkepentingan dan terhindar dari pihak yang tidak berkepentingan.

Metode yang digunakan adalah Identifikasi, FGD, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi dan Perbaikan Kendala untuk menyelesaikan permasalahan diatas.  

Hasil akhir dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah terciptanya peningkatan sumberdaya Panti Asuhan dalam mengamankan aset informasi dengan teknologi literasi informasi melalui pembelajaran Sistem Deteksi Dan Koreksi Kesalahan Bit Pada Saat Melakukan Komunikasi Data.


Keywords


Literasi Informasi, Komunikasi Data, Dokumen, Knowledge Transfer, Sumberdaya

Full Text:

PDF

References


K. Pendidikan, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003,” vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2003.

Kementerian Pendidikan, “PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005,” vol. 53, no. March, pp. 25–27, 2005.

F. Wahid, “Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan Bangsa,” Media Inform., vol. 3, no. 1, pp. 61–68, 2005.

K. S. R. Indonesia, “Departemen Sosial Republik Indonesia,” pp. 2009–2011, 2011.

M. Y. T. Sulistyono et al., “Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Dan Pengangguran Dalam Pembentukan Komunitas Wira Usaha Jasa Perbaikan Komputer Dan Jaringan Komputer,” vol. 2, no. Sens 2, pp. 83–90, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MY Teguh Sulistyono



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :