Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Berbasis Animasi Di Sekolah Dasar

Binti Solihah, Sucipto Adi Suwiryo, Gatot Budi Santoso, Is Mardianto, Uray Assifa Mufti Azzahra

Abstract


Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan pada Era Industri 4.0 minimal harus memiliki 5 kompetensi utama diantaranya critical thinking dan problem solving. Kemampuan tersebut harus dilatih sedini mungkin. Salah satu cara melatih skill tersebut adalah dengan mengajarkan pemrograman kepada anak usia dini. Guru sekolah dasar sebagai pelaksana kegiatan usia dini harus dibekali dengan keterampilan tersebut. Diantara metode yang dapat dilakukan untuk mengenalkan materi tersebut kepada para guru sekolah sadar adalah melalui kegiatan workshop dan pelatihan. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi mengadakan kegiatan pelatihan Pemrograman Scratch bagi guru-guru SD. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh sejumlah guru dan siswa Sekolah Dasar di Wilayah Kembangan Jakarta Barat. Berdasarkan kuisioner yang dikumpulkan pada sesi terakhir pelatihan, pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan literasi teknologi informasi

Keywords


problem-solving; critical thingking; computational thinking; scratch programming; visual programming

Full Text:

PDF

References


Rustaman, N., 2005, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang, UM Press.

Rosadi, M. E, Wagino, Alamsyah, N., Rasyidan, M., Kurniawan, M.Y., 2020, Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin, Jurnal Solma, No 01, vol 9, hal 45 – 54.

Bill Kules, 2016, Computational Thinking is Critical Thinking : Connecting to University Discourse, Goals, and Learning Outcome, Proceeding of ASIST 2016, Denmark, Oktober 14-18.

Zahid, M.Z., 2020, Telaah kerangka kerja PISA 2021: era integrasi computational thinking dalam bidang matematika, PRISMA 3 (2020): 706-713, https://journal.unnes.ac.id/-sju/index.php/prisma/ ISSN 2613-9189.

Muhammad Zuhair Zahid, 2020, Computational Thinking Menyongsong PISA 2021, https://news.detik.com/kolom/d-4922046/computational-thinking-menyongsong-pisa-2021, diakses pada 24 September 2021

Anisa Mauilani, 2020, Peran Penting Computational Thinking terhadap Masa Depan Bangsa Indonesia, Jurnal Informatika dan Bisnis, Vol 9 No 2 (2020), https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JIB/article/view/694 diakses pada 24 September 2021.

Diah Supatmawati, Wiya Suktiningsih, Anthony Anggrawan, dan Katarina, 2021, Sosialisasi Computational Thinking Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Guru-Guru MI dan MTs Wilayah Lombok Tengah, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ADMA, Tahun, Vol.2, No.1, pp.73-84 Doi: 10.30812/adma.v2i1.1257.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Binti Solihah, Sucipto Adi Suwiryo, Gatot Budi Santoso, Is Mardianto, Uray Assifa Mufti Azzahra



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :