IbM Pemanfaatan Microsoft Word dalam Tata Kelola Pelaporan bagi Pengajar PAUD Korwilcam Jambu

Farrikh Alzami

Abstract


 Dalam rangka peningkatan kualitas dan efisiensi pada pelaporan yang dilakukan oleh tenaga pengajar PAUD korwilcam Jambu, maka diperlukan pelatihan penggunaan Microsoft Word. Temuan yang ditemukan di lapangan mengindikasikan, bahwa pelaporan dan pengetikan dokumen diserahkan ke rental komputer terdekat sehingga berimbas pada lamanya pelaporan dan tidak terpakainya fasilitas komputer yang telah disediakan di PAUD masing-masing. Meskipun beberapa tenaga pengajar bisa menggunakan Microsoft Word, mereka hanya menggunakan sebagai pengganti mesin ketik saja tanpa tahu fitur lebih lanjut dari Microsoft Word tersebut. Dari hasil pelatihan, ditemukan bahwa Tenaga Pengajar PAUD dapat menggunakan dan terbantu pada banyak fitur yang ada pada Ms. Word seperti pembuatan surat menggunakan format dan mail merge, pembuatan dokumentasi laporan serta lintas platform dari Ms Word dan Excel dalam hal tabulasi grafis

Keywords


pembuatan surat; pelaporan; tabulasi grafis; Microsoft

Full Text:

PDF

References


M. F. Amir and S. B. Sartika, Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan, Sidoarjo: UMSIDA PRESS, 2017.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, "Permendikbud Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini," Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Farrikh Alzami



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :