Pelatihan Pemanfaatan Google Form dalam Pendaftaran Ijin Usaha pada Petugas Pelayanan di Kelurahan Tanjung Mas Semarang Utara

Pulung Nurtantio Andono, Supriyono Asfawi, Ratih Pramitasari, Maria Goretti Catur Yuantari

Abstract


Pandemi Covid-19 membawa berbagai macam dampak, salah satunya pelayanan kepada masyarakat. Kualitas pelayanan publik menjadi indikator keberhasilan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat seperti kecepatan pelayanan dan kesehatan baik pada petugas maupun masyarakat menjadi standar baku untuk saat ini. Di era digital pelayanan terhadap masyarakat sangat terbantukan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan pada petugas pelayanan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaan, pencatatan, pelaporan serta menjaga kesehatan baik pada masyarakat maupun pada petugas kelurahan di Tanjung Mas Semarang Utara. Rendahnya kemampuan dalam mengoperasional program yang ada di komputer menjadi kendala tersendiri, sehingga  masih banyak pelayanan publik yang menggunakan pencatatan manual dan tidak terdokumentasi dengan baik serta tidak adanya pelaporan yang rutin sebagai bahan monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdapat perbedaan yang signifikan terkait tingkat pengetahuan petugas pelayanan sebelum diberikan pelatihan dengan setelah diberi pelatihan google form dengan nilai p value 0,039. Disamping itu petugas pelayanan mampu mempraktikkan dengan baik membuat google form yang dapat dimanfaatkan saat pendaftaran ijin usaha tanpa menggunakan kertas/pencatatan manual.

 

Keywords


information technology; public services; service officers

Full Text:

PDF

References


Rahadi DDR. Peranan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan di sektor publik. Semin Nas Teknol 2007 (SNT 2007). 2007;2007(November):1–13.

P. Peranan Teknologi Informasi Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik. J Din Inform. 2010;2(2).

Pratama RH. Pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (tik), elektronik rukun tetangga/rukun warga (e-RT/RW) (Studi e-Government di Kelurahan Ketintang Kecamatan Gayungan Pemerintah Kota Surabaya). None. 2015;3(12):2128–32.

Widayanti T. Use of Google Form in Support of Data Collection for Student Scientific Work. Judimas. 2021;1(1):85.

Pipah S ngafifah. Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam J Stud Huk Islam Pendidik. 2020;9(2):123–44.

Pamungkas, Sanosra, Diansari. Analisis Perbedaan Produktivitas Kerja Sebelum Dan Sesudah Pelatihan Kerja Study Pada Pt . Jember Vision.

Dasmen RN, Putra A, Komputer T, Darma UB. Pelatihan dan Implementasi Online Storage pada SMK Nurul Huda Pemulutan Barat. 2021;4(3):353–8.

Effendy I. Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. J Ilm Pendidik. 2016;1(2):81–8.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pulung Nurtantio Andono, Supriyono Asfawi, Ratih Pramitasari, Maria Goretti Catur Yuantari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :