Pelatihan Penggunaan Hoax Buster Tools pada Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Bahagia Kecamatan Semarang Utara

Sri Handayani, Ririn Nurmandhani

Abstract


Seiring dengan kemajuan teknologi, informasi merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Proses penyampaian pesan juga mengalami pergeseran penting, dahulu media merupakan pusat informasi satu arah dan sekarang berkembang sebagai media yang lebih interaktif.Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dalam menggunakan perangkat Hoax Buster Tools bagi KWT Tunas Bahagia Kecamatan Semarang Utara. Kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar. Anggota KWT yang mengikuti kegiatan terlihat antusias dan aktif dalam berpartisipasi. Melalui pelatihan ini, para peserta diperkenalkan tentang bentuk dan jenis hoaks, bagaimana cara mengenali dan mengidentifikasikan hoaks, serta melakukan verifikasi atas hoaks-hoaks yang beredar di masyarakat dengan menggunakan aplikasi hoax booster tools. Diharapkan, kegiatan pengabdian ini dapat terus berlanjut, guna memberikan edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya literasi digital.


Keywords


Literasi; Hoax; Digital

Full Text:

PDF

References


Apridar., Muhammad Karim., Suhana. Ekonomi Kelautan dan Pesisir. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2011

Wardhani, Diah. the repotition of communication in the dynamic of convergence reposisi komunikasi dalam dinamika kovergensi, (Jakarta: Kencana, 2012), h. 336.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Handayani, Ririn Nurmandhani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :