Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Proposal Bisnis Bagi Pengelola Desa Wisata Alamendah

Vaya Juliana Dillak, Arif Partono Prasetio, Annisa Nurbaiti, Siska P Yudowati, Kurnia Kurnia

Abstract


Program pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal bisnis bagi Desa Wisata Alamendah merupakan Desa Alamendah merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pengelola Desa Wisata Alamendah merupakan anggota Karang Taruna setempat yang berlatar belakang pendidikan SMA dan sederajat. Sebagai pengelola desa wisata membutuhkan kemampuan untuk membuat proposal bisnis yang dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan dana dari lembaga keuangan untuk mendukung pengembangan dan inovasi bagi Desa Wisata Alamendah. Dengan adanya kegiatan pengabdian pelatihan dan pendampingan pembuatan proposal bisnis, para pengelola desa wisata mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan dalam pembuatan proposal bisnis. Metode yang digunakan dalam pelatihan dan pemdampingan ini yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan dan pendampingan, para peserta mengisi kuesioner kegiatan dan hasil kuesioner didapatkan nilai 97,67% dari nilai tersebut menunjukkan kegiatan pengabdian berada pada rentang sangat baik.


Keywords


Pelatihan, Pendampingan, Proposal Bisnis

Full Text:

PDF

References


Desa Wisata Alamendah. (2021). Tersedia di https://official.cbtindonesia.com [Diunduh pada tanggal 20 Januari 2022]

Fahlevi, Muhammad Rizki. (2020). Rahasia Juara Kompetisi Bisnis Plan. Guepedia The First On-Publisher in Indonesia. ISBN: 978-623-251-992-2 (1)

Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Kabupaten Bandung Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan dan Pengembangan Desa Wisata

Susanto, Happy. (2010). Panduan Lengkap Menyusun Proposal. Transmedia Pustaka. Jakarta Selatan




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vaya Juliana Dillak, Arif Partono Prasetio, Annisa Nurbaiti, Siska P Yudowati, Kurnia Kurnia



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :