Pelatihan Penggunaan Aplikasi Dewan Masjid Indoensia (DMI) Untuk Pengelolaan Produk dan Kegiatan Masjid Kota SemarangPelatihan Penggunaan Aplikasi Dewan Masjid Indoensia (DMI) Untuk Pengelolaan Produk dan Kegiatan Masjid Kota Semarang

Galuh Wilujeng Saraswati, Muhammad Syaifur Rohman, Nurul Anisa Sri Winarsih

Abstract


Saat ini peranan teknologi dibidang telekomunikasi digunakan oleh organisasi sebagai media pendukung untuk mempermudah para anggotanya mencari informasi dari suatu organisasi yang diikuti. Perpaduan Sistem Informasi dan teknologi GPS yang ada dalam smartphone ini membantu suatu organsisasi dalam melakukan Marketing Communication, sehingga para anggtota yang tegabung dalam sebuah organisasi dapat menawarkan produk/jasa yang mereka miliki ke anggota yang lain. Selain itu dalam mengembangkan potensi wisata dan ekonomi potensial masyarakat perlu adanya dukungan yang baik dari segi sarana prasarana, organisasi dan pemasaran untuk mengatur semua kegiatan sehingga semua jadwal dan agenda dapat terstruktur dengan baik. Oleh karena itu Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Semarang ingin membuat sebuah aplikasi berbasis android yang mewadahi seluruh kegiatan pengelolaan produk jamaah dan kegiatan masjid di Kota Semarang. Aplikasi ini bertujuan untuk mengelola seluruh aktivitas pengurus, takmir dan jamaah sehingga semua kegiatan dan informasi dapat di akses secara mudah tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Selain itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar masjid dan membagi informasi kegiatan rutin masjid.


Keywords


GPS, Marketing Communication, Aplikasi Android, DMI

Full Text:

PDF

References


S. P. Muhammad Sholeh, “Aplikasi Mobile Pencari Masjid Dan Mushola Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Google Maps آذر,” Vol. 8, No. 33. P. 44, 2014.

E. S. Nugroho, “Manajemen Web Untuk Mendukung Aplikasi Informasi Peta Digital Pada Smartphone Berbasis Android,” Vol. 1, 2012.

D. M. Isnaeni, F. Mintarsih, And F. Fahrianto, “Pencarian Masjid Terdekat,” Vol. 8, No. 1, Pp. 1–10, 2015.

A. Zarman Et Al., “Implementasi Algoritma Ant Colony Optimization Pada Aplikasi,” Vol. I, No. 1, Pp. 6–12, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Galuh Wilujeng Saraswati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :