Pelatihan dan Pemanfaatan Aplikasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Berbasis Web Untuk Pengelolaan Produk dan Kegiatan Masjid Sebagai Dukungan Layanan Masyarakat Kota Semarang

Nurul Anisa Sri Winarsih, Muhammad Syaifur Rohman, Galuh Wilujeng Saraswati

Abstract


Suatu kota wajib memiliki aset potensial untuk mendukung pengembangan wilayahnya. Dan masjid merupakan salah satu fasilitas umum yang termaksud dalam bagian dari aset potensial suatu kota. Untuk mengoptimalkan fungsi dan potensi masjid, perlu dilakukan identifikasi untuk meningkatkan kapasitas masjid melalui koordinasi pengurus dalam menjalankan fungsi masing-masing. Oleh karena itu, diperlukan sebuah platform untuk menampung data kegiatan masjid seluruh kota Semarang, sehingga data-data Masjid se-kota Semarang dapat dikelola dengan baik melalui sebuah platform web. Pembuatan aplikasi ini digunakan Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebagai media pengelolaan informasi tentang kegiatan masjid, lokasi masjid hingga infomasi produk-produk milik jamaah. Pendataan kegiatan dan potensi ekonomi masyarakat sekitar masjid dapat dilakukan menggunakan bantuan teknologi website yang dilengkapi Sistem Infromasi Geografis (SIG). Seluruh data aset potensial masjid akan tersimpan dalam database web dan ditampilkan melalui aplikasi DMI kota Semarang berbasis android. Dua komponen ini akan saling berintegrasi untuk memenuhi tujuannya.

Keywords


Web; Sistem Infromasi Geografis; DMI

Full Text:

PDF

References


S. A. and R. F. R. M A Muchtar, M F Syahputra, N Syahputra1, “Augmented Reality for Searching Potential Assets in Medan using GPS based Tracking Augmented Reality for Searching Potential Assets in Medan using GPS based Tracking,” 2017.

R. Erziaty, “AL-IQTISHADIYAH Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah,” J. Ekon. Syariah dan Huk. Ekon. Syariah Pemberdaya., vol. II, pp. 82–98, 2015.

D. Abdullah and U. Malikussaleh, “APLIKASI DATABASE MASJID BERBASIS WEB GIS,” no. January 2015, 2017.

W. Bekasi and Y. D. Triyanti, “Aplikasi android untuk pencarian lokasi tempat ibadah di wilayah bekasi,” vol. 8, no. Kommit, pp. 446–452, 2014.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurul Anisa Sri Winarsih



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :