Storytelling sebagai Teknik Pemberdayaan pada Anak dan Remaja Eks Korban Konflik Lahan

Aprilianti Pratiwi, Yolanda Valentia, Dimas Aryalasa Nugraha, Muhammad Marlin Muhaimin

Abstract


Konflik lahan meninggalkan pengalaman buruk dan trauma bagi sekelompok masyarakat yang mengalaminya, salah satunya adalah anak-anak dan remaja Telukjambe, Karawang, Jawa Barat. Lahan tempat tinggal dan garapan orang tua mereka secara tiba-tiba diklaim pihak swasta. Kala itu, intimidasi dan ancaman, dari preman bayaran dan aparat kepolisian hampir tiap hari mereka dapatkan. Bahkan pengusiran pun mereka alami. Akibatnya, mereka harus kehilangan tempat tinggal dan hidup dipengungsian. Fokus kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberdayakan anak-anak korban konflik lahan dalam kegiatan storytelling, yaitu sebuah sarana yang digunakan untuk pemulihan trauma pada anak korban bencana, termasuk korban konflik lahan. Peserta pada kegiatan ini adalah anak-anak dan remaja eks korban konflik lahan di Telukjambe. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan keterampilan berkomunikasi sekaligus membantu memulihkan trauma anak-anak dan remaja eks korban konflik lahan Telukjambe. Metode yang digunakan adalah melakukan eksperimen, yaitu melaksanakan kegiatan storytelling kepada anak dan remaja eks korban konflik di Telukjambe, Karawang, Jawa Barat. Proses yang dilalui pada kegiatan ini yaitu melakukan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Kampung Pasir Ipis, Telukjambe, Karawang, Jawa Barat. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan berkomunikasi serta pulihnya trauma pada anak dan remaja eks korban konflik lahan di Telukjambe.


Keywords


anak-anak; korban koflik lahan; remaja; storytelling

Full Text:

PDF

References


Hatta, K, 2016, Trauma dan Pemulihannya Sebuah Kajian Berdasarkan Kasus Pasca Konflik dan Tsunami, Dakwah Ar-Raniry Press, Banda Aceh.

Pratiwi A, Sarwititi S, Endriatmo S, & Nurmala P, 2019, Fantasy Themes in peasant movement. International Conference ACHITS 2019, July 30-31, Surabaya, Indonesia. https://eudl.eu/pdf/10.4108/eai.30-7-2019.2287573

Pratiwi A, Sarwititi S, Endriatmo S, & Nurmala P, 2020, The Credibility of Communicators as Leaders in the Peasant Movement, Journal of Social and Political Sciences, Vol.3(3), 605-612. DOI: 10.31014/aior.1991.03.03.195.

Pratiwi, A, 2022, Komunikasi Narasi dalam Gerakan Perlawanan Petani di Telukjambe, Karawang, Jawa Barat, Disertasi, Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Christin M, Ariel Barlian Obadyah, Dini Salmiyah & Fithrah Ali, 2021, Transmedia Storytelling, Syiahkuala University Press, Aceh.

Pellowski, A, 1997, The World of Storytelling, New York, R. R. Bowker.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aprilianti - Pratiwi, Yolanda - Valentia, Dimas Aryalasa Nugraha, Muhammad Marlin Muhaimin



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :