Market price sebagai strategi bersaing peningkatan penjualan produk unggulan di Kampoeng Kajoetangan Heritage, Malang

Dwi Nita Aryani, Bunyamin Bunyamin, Siti Munfaqiroh, Kadarusman Kadarusman, Nunung N, Setyawan Setyawan, Sugeng H, Ali Lating, Fera Tjahjani, Imama Zucroh, Triana Triana

Abstract


Kampoeng Kajoetangan Heritage mempunyai produk unggulan yaitu kue Onbijtkoek, yang bisa menjadi oleh-oleh khas Malang. Untuk meningkatkan penjualannya, Kelompk Sadar Wisata (Pokdarwis) harus melakukan strategi pemasaran, salah satunya adalah penentuan harga jual (market price). Tujuan dari kegiatan pelatihan menentukan market price agar pokdarwis bisa menghitung Harga Pokok Produksi dan Harga jual kue Onbijkoek. Metode yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan menghitung market price yang dihadiri oleh 20 orang anggota Pokdarwis dan UMKM lainnya. Market price ditentukan dengan menghitung HPP ditambah biaya overhead kemudian ditambah dengan mark up atau margin yang diinginkan.  Setelah dihitung semua bahan baku dan biaya kemasan dan biaya lain, dihasilkan HPP satu Loyang ukuran 22x22 cm adalah Rp.37.000, biaya overhead RP.10.500 , dan ditambah mark up RP.12.500 sehingga harga jual yang disepakati adalah Rp. 60.000,-


Keywords


Kajoetangan, Onbijtkoek, Harga Jual, unggulan

Full Text:

PDF

References


D. De Toni, G. S. Milan, E. B. Saciloto, and F. Larentis, "Pricing strategies and levels and their impact on corporate profitability," Revista de Administração, vol. 52, pp. 120-133, 2017/04/01/ 2017.

S. Sukirno, Akuntansi Biaya, Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, Kedua ed. vol. Buku I. Yogyakarta: BPFE UGM, 2007.

Gunawan, S. Kurnia, and M. S. Hasibuan, "Analisis Perhitungan Hpp Menentukan Harga Penjualan Yang Terbaik Untuk Ukm " Jurnal Teknovasi, vol. 3, 2016.

M. Prayogo and L. Liliani, "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Pepo," Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol. 1, 2016.

A. S. Yasin and L. G. David, "An Impact of Advertising and Pricing on Consumers Online Ticket Purchasing," International Journal of Innovation, Management and Technology, vol. 5, 2014.

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran, 12 ed. vol. 1. Jakarta: Erlangga, 2008,.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Nita Aryani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :