Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online

Ajib Susanto, Christy Atika Sari, De Rosal Ignatius Moses, Eko Hari Rachmawanto, Ibnu Utomo Wahyu Mulyono

Abstract


Saat ini pemasaran dan penjualan hasil produk UMKM masih dilakukan dengan mengikuti berbagai macam pameran produk UMKM yang diadakan oleh pemerintah maupun perusahaan yang memberikan fasilitas pameran, melalui broadcast pesan dan menunggu pengunjung datang ke toko. Metode ini belum optimal dalam penyampaian informasi karena promosi yang dilakukan tidak menjangkau masyarakat yang berada jauh dari lokasi galeri pameran/toko. Media sosial saat ini menjadi alat yang sangat populer dan diminati oleh pelaku UMKM salah satunya adalah facebook yang di dalamnya terdapat fitur marketplace yang dapat menjangkau promosi dan penjualan yang tidak mengenal ruang dan waktu. Metode yang digunakan dalam penggunaan facebook marketplace dengan melakukan pelatihan langsung kepada pelaku UMKM untuk mem-posting produk, meng-share dan melayani pembelian konsumen. Hasil implementasi facebook marketplace memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produk dan sekaligus melakukan penjualan dengan menggunakan smartphone yang dimiliki sehingga mampu meningkatkan volume penjualan

Keywords


Facebook, Marketplace, UMKM, Penjualan, Online

Full Text:

PDF

References


Solopos.com-Newswire, “Dinkop Jateng Dorong Pelaku UKM Naik Kelas,” 2019. [Online]. Available: https://www.solopos.com/dinkop-jateng-dorong-pelaku-ukm-naik-kelas-977682. [Accessed: 11-Oct-2019].

A. Susanto, Wijanarto, and I. Utomo WM, “Rekayasa E-Market untuk Kelompok Usaha Pemuda Binaan Dinas Pemuda Dan Olahraga Propinsi Jawa Tengah sebagai upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Produk UMKM,” pp. 251–258, 2014.

B. A. Isnanto, “Daya Tawar Rendah, UMKM di Jateng Didorong Bentuk Koperasi,” DetikNews, 2019. .

A. Susanto and F. Budiman, “Rekayasa Model Internet Marketing Pada E-Supermuseum Batik Untuk Meningkatkan Pemasaran Batik Produk Unggulan Ukm Batik Di Jawa Tengah,” Semin. Nas. Inform. Yogyakarta, vol. 2013, no. semnasIF, pp. 1979–2328, 2013.

A. Susanto, “Big Data dan Ekonomi Digital,” Semarang, 2019.

A. Susanto, Wijanarto, and I. Utomo W.M, “Rekayasa M-MARKET (Mobile Market ) untuk Kelompok Usaha Pemuda Binaan Dinas Pemuda dan Olahraga,” vol. 14, no. 1, pp. 8–12, 2015.

A. A. Maulana, A. Susanto, and D. P. Kusumaningrum, “Rancang Bangun Web Scraping Pada Marketplace di Indonesia,” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 41–53, 2019.

Wearesocial.com, “Digital in 2019,” New York, 2019.

Boby, “Jualan di Facebook Bisa Makin Laris dengan Terapkan Hal-Hal Berikut Ini,” moneysmart.id, 2019. [Online]. Available: https://www.moneysmart.id/jualan-di-facebook/. [Accessed: 11-Oct-2019].

H. Poerwanto G, “Plan-Do-Check-Act (PDCA),” https://sites.google.com. [Online]. Available: https://sites.google.com/site/kelolakualitas/PDCA. [Accessed: 11-Oct-2019].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ajib Susanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.