Pelatihan Konfigurasi Routerboard Mikrotik dalam Rangka Persiapan Ujian Sertifikasi MTCNA

Manase Sahat H. Simarangkir, A. Yudi Permana, Bei Harira Irawan, Wahyu Setiady

Abstract


Kegiatan Pengabdian masyarakat yang dilakukan pada kesempatan ini adalah di SMK Negeri 1 Cikarang Selatan. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan jaringan komputer bagi siswa dan guru-guru untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dibidang jaringan khususnya Mikrotik. Pelatihan yang dilakukan baik teori maupun praktikum dalam melakukan konfigurasi pada Routerboard Mikrotik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kegagalan dalam menjawab soal ujian sertifikasi yang akan dihadapi oleh guru-guru TKJ dan juga siswa/i. Semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sudah mendapat persetujuan dari pihak sekolah dan tetap pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari mulai dari training sampai dengan ujian sertifikasi, dengan peserta pelatihan merupakan guru TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan siswa/i jurusan TKJ SMKN 1 Cikarang Selatan. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk persiapan dalam menghadapi ujian sertifikasi Mikrotik MTCNA. Manfaat bagi guru-guru yang mengikuti pelatihan yaitu setelah mendapat sertifikat kelulusan akan lebih kompeten lagi dalam memberikan pengajaran dikelas melalui ilmu yang didapatkan selama pelatihan, khususnya pada mata pelajaran jaringan komputer. Manfaat bagi siswa, sertifikat kelulusan dapat digunakan sebagai pendamping ijasah nantinya ketika melamar kerja di industri menjadi teknisi jaringan.

Keywords


Mikrotik, Konfigurasi, jaringan, sertifikasi, MTCNA

Full Text:

PDF

References


A. Utami, Anita Setyo; Dwityanto, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

“SMKN 1 Cikarang Selatan.” https://smkn1cikarangselatan.sch.id/.

A. Syukur, A. Efendi, A. Siswanto, and Y. Arta, “Pelatihan Mikrotik Dalam Rangka Persiapan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Kuala Kampar,” Bul. Pembang. Berkelanjutan, vol. 4, no. 1, pp. 28–31, 2020, doi: 10.25299/bpb.2020.5030.

I. Sofana, Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik. Bandung: Informatika Bandung, 2017.

M. Akbar, A. Maruf, and Z. Razilu, “Pelatihan Mikrotik Routerboard dalam Persiapan Ujian Kompetensi Keahlian Jurusan TKJ,” vol. 6, no. 20, pp. 37–44, 2022, doi: 10.51454/amaliah.v6i1.423.

Mikrotik, “MikroTik certified training programs MTCNA.” https://i.mt.lv/cdn/training_pdf/mtcna_outline_2019181161836.pdf.

A. Tutu, Konfigurasi Dasar Mikrotik Menggunakan Metode GUI & CLI. Indonesia: Deepublish, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Manase Sahat H Simarangkir



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :