Pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Total Physical Response (TPR) di TK Al Firdaus Kandri Gunungpati Semarang
yani parti astuti, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh
Abstract
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, matematika dan bahasa inggris merupakan ilmu dasar yang harus dipelajari oleh setiap anak pelajar di Indonesia. Sehingga materi matematika dan bahasa inggris sudah dikenalkan sejak pendidikan anak usia dini. Namun di pendidikan anak usia dini hanya diajarkan berhitung untuk matematika dan pengenalan benda pada bidang bahasa inggris. Hal ini terjadi pada TK Al Firdaus Kandri Gunungpati Semarang. Di TK Al Firdaus ini anak – anak sudah diajarkan mengeja huruf, berhitung dan juga bahasa inggris..Dalam pengabdian ini dikenalkan metode pembelajaran yang dinamakan Total Phycical Response (TPR). Metode ini merupakan metode pembelajaran di mana anak diajarkan materi dengan menggunakan gerakan. Hal ini paling cocok untuk materi bahasa inggris yang untuk mengenalkan benda dan juga melakukan suatu pekerjaan. Dalam materi matematika akan diselipkan juga materi berhitung dalam bahasa inggris dengan jari. Melalui pembelajaran ini, maka anak – anak di TK Al Firdaus semakin mencintai pelajaran berhitung dan bahasa inggris pada khususnya. Karena mengingat tempat TK Al Firdaus berada di desa wisata kandri. Sangat mendukung apabila generasi – generasinya pandai berbahasa inggris dan juga berhitung. Selain itu materi ini bisa untuk bekal memasuki jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar (SD).
Undang - Undang No. 20, Sistem Pendidikan Nasional, 2003
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 84 tahun 2014 tentang pendirian satuan pendidikan anak usia dini
F Fauzia, Metode TPR (total physical response) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan tahap awal berbahasa Inggris pada anak, JPIP Vol 9, Nomor 1, Maret 2016
Newmark, P. ( 1991). About translation. Clevedon [England]: Multilingual Matters. England.
Dwiastuty, Pembelajaran bahasa inggris melalui metode total physical response, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol 3 no 1, 2016