Pembekalan Soft-Skill Menggunakan Media Komputer Bagi Tim Pengerak dan Kelompok PKK di Kelurahan Bulu Lor

_ ARIPIN, Cinantya Paramita, - Muljono

Abstract


Perkembangan teknologi komputer semakin canggih dan sangat populer diberbagai kalangan masyarakat. Tim Pengerak dan Kelompok PKK di Keluruhan Bulu Lor sebagai salah satu organisasi yang ada dilingkungan Kelurahan Bulu Lor mempunyai program untuk meningkatkan pemberdayaan wanita dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya. Program ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan sekaligus memberdayakan kinerja Tim Penggerak dan kelompok PKK tersebut secara inovatif. Beberapa tahapan kegiatan yang diusulkan untuk mencapai tujuan program tersebut terdiri dari pelatihan soft-skill anggota Tim Penggerak  dan kelompok PKK, pendampingan pemecahan masalah dilapangan dan evaluasi kegiatan agar pelaksanaan program menjadi lebih baik. Kegiatan pelatihan terdiri dari pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  penggunaan teknologi komputer untuk mendukung proses administrasi di Kelurahan Bulu Lor dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan program penyuluhan agar masyarakat ikut termotivasi untuk mendukung seluruh program / kegiatan Kelurahan Bulu Lor. Hasil dari kegiatan pembekalan soft-skill ini berdampak sangat baik bagi peningkatan kinerja Tim Penggerak dan kelompok PKK serta peningkatan partisipasi masyarakat terhadap seluruh program / kegiatan di Keluruhan Bulu Lor. Ini dapat dilihat dari hasil evaluasi partisipasi masyarakat yang mencapai 90% dari seluruh program / kegiatan di Keluruhan Bulu Lor yang didukung sepenuhnya oleh partisipasi masyarakat.

Keywords


Keterampilan penyuluhan, Pembekalan Soft-Skill, Teknologi Komputer, Tim Penggerak dan Kelompok PKK di Kelurahan Bulu Lor

Full Text:

PDF

References


J. Glenn Brookshear, Edisi 7, 2004, Computer Science : Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga. pp. 20 – 30.

Syarief, YA., 2013, Kompetensi Kewirausahaan Petani Jagung di Provinsi Lampung. Disertasi Program Pascasarjana UNS, Surakarta.

Bahua, M. I., & Limonu, M., 2013, Model pengembangan kompetensi penyuluh pertanian di Provinsi Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo

Daisy, K dan Azura, A.E., 2011, A Preliminary Study of Top SMEs in Malaysia: Key Success Factor vs Government Support Program. Journal of Global Business and Economics. Volume 2, Number 1, pp. 48-58.

Hazlina, N., Wilson, C., dan Kummerow, L. 2011, A Cross-Cultural Insight into the Competency-Mix of SME Entrepreneurs in Australia and Malaysia. International Journal of Business and Management Science, Vol. 4, No. 1,pp 33-50.

Aripin, Surya Sumpeno, Mochamad Hariadi, Arry Maulana Syarif, 2017, Development of Indonesian Text-to-Audiovisual Synthesis System Using Syllable Concatenation Approach to Support Indonesian Learning. International Journal: Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 12 no. 02.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 _ ARIPIN



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :