Media Sosial Sebagai Pendukung Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Keripik “PeGu” Secara Online

Amiq Fahmi, Heru Pramono Hadi, Edi Sugiarto

Abstract


Media sosial memainkan peran penting dalam pemasaran dan penjualan digital saat ini. Strategi pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan dan mengarahkan pengunjung secara efektif dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk olahan melalui aplikasi e-commerce. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan penjualan produk olahan keripik tempe sagu pada Kelompok Peningkatan Ketrampilan Usaha Rakyat (PKUR) BAROKAH yang saat ini dipasarkan secara brick-and-mortar. Permasalahan utama PKUR Barokah saat ini adalah pemasaran dan penjualan produk olahan yang dilakukan secara langsung ke konsumen dan konsinyasi pada toko oleh-oleh pada pasar lokal Kota Semarang. Pada saat terjadi pandemi Covid-19 sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini telah menyebabkan produksi dan penjualan produk hasil olahan keripik sagu menurun secara drastis. Produksi, pemasaran dan penjualan adalah jantung dari kelangsungan industri usaha PKUR Barokah. Untuk mengatasi keadaan tersebut point pemasaran dan penjualan menjadi prioritas utama yang akan dicarikan solusi oleh tim pengabdian masyarakat Universitas Dian Nuswantoro. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini meliputi persiapan, analisis situasi dan permasalahan mitra, solusi yang ditawarkan berupa rencana kegiatan dan implementasinya. Hasil pengabdian diharapkan dapat meningkatkan produksi olahan keripik sagu PKUR Barokah sebesar 20 - 30% dengan cara mengubah penjualan dari brick-and-mortar menjadi click-and-mortar melalui aplikasi e-commerce dengan dukungan strategi pemasaran tertarget melalui media sosial.


Keywords


Pemasaran, penjualan, media sosial, click-and-mortar, PKUR Barokah

Full Text:

PDF

References


Y. D. Damaledo, “Tema Hari Pangan Sedunia 16 Oktober 2020 ke-75,” tirto.id, 2020. Accessed: Mar. 11, 2022. [Online]. Available: https://tirto.id/tema-hari-pangan-sedunia-16-oktober-2020-ke-75-f51Q

Margareta, “Kemenperin Dorong Industri Sagu,” Halo Semarang, Oct. 21, 2020. Accessed: Jun. 28, 2022. [Online]. Available: https://halosemarang.id/kemenperin-dorong-industri-sagu

P. Republik Indonesia, PERPRES No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. 2020. Accessed: Feb. 17, 2022. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/131386/perpres-no-18-tahun-2020

K. Vojvodić, “Brick-and-mortar retailers: Becoming smarter with innovative technologies,” Strateg. Manag., vol. 24, no. 2, pp. 3–11, 2019.

I. E. Retnosari, “Workshop Pemasaran Online Mahasiswa KKN-PPM Universitas PGRI ADI BUANA SURABAYA Desa BULANG PRAMBON SIDOARJO,” J. Abadimas Adi Buana, vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2017.

Gie, “Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya,” Accurate Online, Nov. 03, 2020. https://accurate.id/marketing-manajemen/sosial-media-marketing-pengertian-jenis-strategi-dan-manfaatnya/ (accessed Jun. 28, 2022).

W. W. Powell, A. Horvath, and C. Brandtner, “Click and mortar: Organizations on the web,” Res. Organ. Behav., vol. 36, pp. 101–120, 2016.

A. R. Alhadzik, “Efektifitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran UMKM,” PhD Thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA, 2019.

I. A. Sari, H. Riniwati, and N. Harahab, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur,” ECSOFiM Econ. Soc. Fish. Mar. J., vol. 3, no. 1, 2015.

K. Ilmiyah and I. Krishernawan, “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto,” Mak. J. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 31–42, 2020.

A. W. AW, “Pengaruh Ulasan dan Penilaian Pelanggan, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pasar Online SHOPEE pada Mahasiswa di Kota Pontianak,” Eqien-J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 68–76, 2022.

“[Penilaian Produk] Bagaimana cara memberikan penilaian dan ulasan produk? | Pusat Bantuan Shopee ID.” https://help.shopee.co.id/portal/article/73047-[Penilaian-Produk]-Bagaimana-cara-memberikan-penilaian-dan-ulasan-produk%3F (accessed Jun. 28, 2022).




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amiq Fahmi, Heru Pramono Hadi, Edi Sugianto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :