Implementasi E-Learning Menggunakan Edmodo bagi Guru-Guru SD Kecamatan Cawas, Klaten

Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, Eko Hari Rachmawanto, Ajib Susanto, Christy Atika Sari, De Rosal Ignatius Moses, Dwi Puji Prabowo, Dimas Irawan Ihya‘ Ulumuddin

Abstract


Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai kendala dialami guru dalam pembelajara di tingkat SD yang siswanya tergolong generasi Z yang sudah menikmati keajaiban internet, guru dituntut dapat membuat desain instruksional, penguasaan TIK sebagai sumber pembelajaran yang up to date dan juga mampu menciptakan relasi dengan orang tua. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pembelajaran berbasis e-learning yang mampu merelasikan antara guru-siswa-orangtua dalam meningkatkan proses belajar dengan menggunakan Edmodo. Tujuan e-learning ini agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif dan melibatkan semua pihak terutama guru-siswa-orangtua dan pihak sekolah. Hasil dari pelatihan e-learning dengan Edmodo ini yaitu guru mampu menyajikan materi yang sudah dibuat baik slide, video dan text yang nantinya siswa dan orangtua dapat terlibat, pemberian tugas juga dapat dilakukan secara online sehingga efektifitas proses belajar mengajar sebagai suplemen belajar di kelas dapat dilakukan dengan baik.

Keywords


: E-Learning, Edmodo, Guru, Siswa, Orangtua

Full Text:

PDF

References


Munir, “Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia,” Dampak eknologi Inf. dan Komun. Dalam Dunia Pendidik. di Indones., no. Teknol, pp. 1–13, 2010.

A. Edi Winarno, “Mengatasi Empat Kendala Utama Dalam Rangka Optimalisasi Pembelajaran E-learning di Sekolah Dasar,” 2017. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/mistered/59de35d463eae77800032ab2/mengatasi-empat-masalah-utama-dalam-rangka-optimalisasi-pembelajaran-e-learning-di-sekolah-dasar?page=all. [Accessed: 05-Dec-2019].

I. Bafadal, Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar : dalam kerangka manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, 5th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

A. Susanto, “Rekayasa sistem pengelolaan pembelajaran elektronik berbasis web,” J. Dian, 2009.

R. Sayekti, “The Implementation of E-learning System at UIN Sumatera Utara in Response to Technology Challenge in Education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 970, no. 1, 2018.

I. Widaningsih, Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 1st ed. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

M. McCridle, “The Generation Map,” ABC XYZ, pp. 35–72, 2013.

M. Bialik and C. Fadel, “Skills for the 21st century: What should students learn?,” Cent. Curric. Resedisgn, no. May, pp. 1–13, 2015.

A. Susanto, Pembelajaran Online dengan Edmodo. Semarang, 2015.

Edmodo, “Edmodo,” Edmodo, 2019. [Online]. Available: https://new.edmodo.com/. [Accessed: 05-Dec-2019].

H. Poerwanto G, “Plan-Do-Check-Act (PDCA),” https://sites.google.com. [Online]. Available: https://sites.google.com/site/kelolakualitas/PDCA. [Accessed: 11-Oct-2019].

A. Latip, “Saatnya Tinggalkan Metode Pembelajaran Konvensional,” Kompasiana, 2018. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/altip/5c0db2cbab12ae71c8361e04/ saatnya-tinggalkan-metode-pembelajaran-konvensional?page=all. [Accessed: 05-Dec-2019].

A. Susanto, E-Learning dengan Edmodo, 1st ed. Semarang, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ajib Susanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.