Bersih Pantai dan Reboisasi di Pesisir Pantai Pasir Kadilangu untuk Menanggulangi Pencemaran Lingkungan serta Abrasi Pantai

Anita Ekantini

Abstract


Kegiatan bersih pantai dan reboisasi ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat TIM Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Bersih pantai dilakukan untuk mengurangi sampah yang terdapat di pantai dan bertujuan untuk menambah daya tarik wisatawan serta menciptakan kenyamanan bagi pegunjung. Selain itu, kegiatan reboisasi juga dilakukan untuk menambah keindahan pantai. Tanaman yang ditanam adalah cemara laut. Tanaman cemara ialah salah satu jenis tanaman di sepanjang pesisir pantai. Pentingnya reboisasi di sepanjang pantai adalah untuk mengurangi abrasi, dan mengurangi dampak buruk peristiwa erosi angin. Tanaman cemara atau Casuarina equisetifolia dapat hidup di tanah yang minim akan unsur hara dan air. Masyarakat ikut andil dalam pengelolaan tempat wisata. Kelompok mangrove mempunyai program reboisasi di pantai Pasir Kadilangu. Penanaman tanaman cemara ini sudah terlaksana di Dusun Pasir Kadilangu Kabupaten Kulon Progo. Sebanyak 2000 bibit pohon cemara ditanam sekitar lima hektar tanah. Tiga hektar di sepanjang pantai dan dua hektar di lahan kosong sekitar tempat wisata dan parkir kendaraan. Penanaman ini diikuti oleh masyarakat dusun pasir kadilangu yang tergabung dalam kelompok mangrove, dan TIM PGMI UIN Sunan Kalijaga juga turut serta dalam kegiatan tersebut.


Keywords


bersih pantai, pencemaran reboisasi, abrasi

Full Text:

PDF

References


Rukman, Wira Yustika. Dkk. 2021. Reboisasi Sebagai Penanganan Dampak Abrasi Akibat Pembukaan Tambak Garam Di Pallengu Kab Jeneponto. 2

Apriliani, Izza M. Dkk. 2017. Aksi Bersih Pantai dalam Rangka Penanggulangan Pencemaran Pesisir di Pantai Pangandaran. 1(2)

Munandar. Ika Kusumawati. 2017. Studi Analisis Faktor Penyebab Dan Penanganan Abrasi Pantai Di Wilayah Pesisir Aceh Barat. 4(1)

Disaptono, 2011.

Cibro, Jimmy Ricardo. 2019. Tingkat Kerusakan Pohon Cemara (Casuarina Equisetifolia) di Kampus Universitas Sumatra Utara. Skripsi. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara.

Harjandi, Beni. 2017. Peran Cemara Laut (Casuarina Equisetifolia) Dalam Perbaikan Iklim Mikro Lahan Pantai Berpasir Di Kebumen.

Farma, Albert. Dkk. 2018. Struktur dan Komposisi Vegetasi di Habitat Cemara Laut (Casuarina equisetifolia L.) pada Tiga Kawasan Konservasi di Provinsi Bengkulu. 9(3)

Supinah, Pipin. Dkk. 2020. Coastal Clean Up dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Lingkungan di Wilayah Pesisir Desa Sangrawayang, Sukabumi. 2(3) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2008 tentang Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan

Nazriati, Dkk. 2020. Gerakan Bersih-Bersih Pantai Balekambang dari Sampah Plastik. 5(2)




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anita Ekantini



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :