“Diasuh” Program Pelatihan Pembentukan Brand Image Toko Online Anak-anak Panti Asuhan Riyaadlul Jannah

Awanis Linati Haziroh, Diana Aqmala, Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra, Suhita Whini Setyahuni

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh pengelola Panti Asuhan Riyaadlul Jannah Semarang terkait dengan kelangsungan usaha online anak-anak asuh yang cenderung stagnan akibat kurangnya pemahaman dalam perolehan engagement di pasar. Brand image merupakan salah satu elemen penting yang harus dimiliki oleh pengusaha era digital agar mampu terus eksis dipasar dan tidak mudah tergerus oleh pendatang baru ataupun pesaing lainnya. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidikan secara komprehensif tentang pembuatan konten digital menarik di media sosial dan pelatihan serta pendampingan yang dimulai dari pembuatan akun media sosial, penentuan jenis konten, hingga caption menarik yang mampu membentuk brand image dan menghasilkan engagement positif. Target luaran yang ingin dicapai adalah peningkatan kemampuan dan kreativitas anak asuh mengelola konten digital pada media sosial akan berdampak terhadap pembentukan brand image toko online dan meningkatnya engagement. Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah IbM (IPTEKS bagi Masyarakat) yang dilakukan melalui pendidikan dan arahan secara komunikasi dua arah (duplex), dilanjutkan dengan pelatihan keterampilan dan pendampingan pembentukan brand image melalui konten digital yang menarik dimedia sosial.

Keywords


Anak Panti Asuhan; Brand Image; Engagement; IbM; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


E. Djafarova and T. Bowes, “Instagram made Me buy it: Generation Z impulse purchases in

fashion industry,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 5, no. 9, pp. 102–115, 2021, doi:

1016/j.jretconser.2020.102345.

R. Grace, J. Kropczynski, S. Pezanowski, S. Halse, P. Umar, and A. Tapia, “Enhancing

Emergency Communication With Social Media,” Int. J. Inf. Syst. Cris. Response Manag., vol.

, no. 3, pp. 20–41, 2019, doi: 10.4018/ijiscram.2018070102.

A. Wilandari, M. S. Helmy, and V. Windasari, “Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram

Sebagai Sarana Personal Branding Di Kalangan Milenial Pada Panti Asuhan Ar-Ridho

Depok,” J. Abdimas Ekon. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 57–65, 2021.

T. Snoussi and A. Kasem, “Instagram for Integrated Marketing Communications Online,” Int.

Abdimasku, Vol. 5, No. 3, September 2022: 549-557

J. Innov. Creat. Chang., vol. 14, no. 5, pp. 1021–1037, 2020.

J. S. Warman, V. Mardian, L. Suryani, F. R. Fista, and I. Irwan, “Program Pelatihan

Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan

Mahasiswa,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 280–285, 2020, doi:

31849/dinamisia.v3i2.3304.

E. Levin, T. N. Quach, and P. Thaichon, “Enhancing client-agency relationship quality in the

advertising industry – an application of project management,” J. Bus. Ind. Mark., vol. 34, no.

, pp. 463–473, 2019, doi: 10.1108/JBIM-08-2017-0186.

S. Koch and F. Tritscher, “Social Media in The Airline Industry: Acceptance of Social

Seating,” J. Hosp. Tour. Technol., vol. 8, no. 2, pp. 256–279, 2017, doi: 10.1108/JHTT-11-

-0078.

K. Setiawan and P. Pasau, “IbM Pemberdayaan Anak Panti Asuhan,” E-Dimas, vol. 8, no. 2,

pp. 227–235, 2017, doi: 10.26877/e-dimas.v8i2.1453




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Awanis Linati Haziroh, Diana Aqmala, Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra, Suhita Whini Setyahuni



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :