Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Desa Wisata Wae Lolos Dalam Mengemas Potensi Menjadi Produk Wisata Siap Jual
Abstract
Model pengembangan desa wisata menjadi salah satu agenda pembangunan nasional yang cukup efektif dalam meningkatkan kesejahteraan di desa. Namun demikian, maraknya pengembangan desa wisata belum didukung oleh upaya perencanaan produk pariwisata yang maksimal. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas Pokdarwis dalam mengemas potensi – potensi wisata untuk menjadi produk pariwisata yang siap jual sangat diperlukan sebagai upaya mendistribusikan manfaat ekonomi pariwisata ke desa-desa. Upaya peningkatan kapasitas masyarakat ini dilakukan secara multidisiplin ilmu dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan workshop. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksanakannya proses identifikasi potensi dan komponen wisata yang tersedia, serta teridentifikasikannya target pasar, unique selling point dan penentuan harga jual. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memampukan masyarakat dalam mengelola dan memasarkan desa wisata melalui paket wisata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
C. Ratu and I. M. Adikampana, "Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten
Jembrana," Jurnal Destinasi Pariwisata, vol. 4, no. 1, pp. 60-67, 2016.
H. Hermantoro, Kepariwisataan, Destinasi Pariwisata, Produk Pariwisata, Depok: Aditri
Publishing, 2015.
Nuriata, Paket Wisata, Penyusunan Produk dan Penghitungan Harga, Bandung: Alfabeta,
P. A. Aryasih and N. T. Aryanata, "Homestay dan Budaya: Idealisme Keberadaan
Homestay," 2018.
G. A. Berybe, E. O. Hanggu and M. B. Wellalangi, "Hospitality Training Bagi Para
Pengelola Homestay di Liang Ndara Kabupaten Manggarai Barat," Jurnal Abdimas
Pariwisata, vol. 2, no. 1, 2021.
G. A. Berybe, E. O. Hanggu and M. B. Wellalangi, "The Awareness Towards Quality of
Service From Homestay Providers in Premium Tourism Destination," Jurnal Ilmiah
Indonesia, 2021.
Sustour, "Survei Kepuasan Pengunjung (Passangers Exit Survey)," Kabupaten Manggarai
Barat, 2020.
P. Kotler and G. Amstrong, Dasar Dasar Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo, 2002.
DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fitri Ciptosari
Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ABDIMASKU terindeks di :