Pelatihan Pembuatan Produk Ekonomi Kreatif Kriya Tekstil dengan Teknik Shibori kepada Ibu-ibu Dawis Cempaka

Amalia Amalia, Dwi Nurul Izzhati, Dita Ayu Mayasari

Abstract


Pengembangan ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar perekonomian nasional yang potensial. Salah satu produk unggulan pada subsektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah kriya, khususnya kriya tekstil. Produk kreatif kriya tekstil yang saat ini sedang diminati masyarakat, serta memiliki nilai jual dan estetika tinggi adalah teknik celup ikat Shibori. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah Ibu-ibu Kelompok Dawis Cempaka. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan dalam membuat produk kreatif, serta meningkatkan motivasi warga untuk berproduksi dan berwirausaha. Keberhasilan pelatihan ditandai dengan: a. peningkatan pengetahuan yaitu mampu menjawab benar soal (94%); b. kepuasan terhadap kegiatan pelatihan (97%); dan c. minat membuka usaha (92%).

Creative economy is one of the potential pillars of the national economy. While the one of the leading products in the subsector of creative economy in Indonesia is craft, especially textile craft. The creative textile products that are currently in demand, along has high selling and aesthetic value is Shibori tie dyeing technique. The target of community service activity is the women of Dawis Cempaka in Semarang. The purpose is to increase knowledge and skills in making creative products, as well as increase the motivation of citizens to produce it and be entrepreneurs. The success of the workshop is marked by: a. increasing knowledge that is able to answer the correct questions (94%); b. satisfaction with the workshop (97%); and c. interest to start up business (92%).


Keywords


creative economy, tie dye, Shibori, workshop

Full Text:

PDF

References


Firdausy, Carunia Mulya, 2017, Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Izzati, Muhammad Fakhrul, dan Wilopo, 2018, Implementasi Triple Helix dalam Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif di Kota Malang sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Jurnal Administrast Bisnis (JAB), Vol. 55 No. 1 Februari 2018.

Kautsar, Dinda Siti, 2017, Eksplorasi Teknik Shibori pada Pakaian Ready to Wear, e-proceeding of Art & Design,Vol. 4, No. 3 Desember 2017, ISSN: 2355-9349.

Purnomo, Rochmat Aldy, 2016, Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia, Surakarta: Ziyad Visi Media.

Suantara, Dermawati, Endah Oktaviano, dan Yusniar Siregar, 2018, Eksplorasi Teknik Shibori dalam Pengembangan Desain Motif Tradisional Indonesia pada Permukaan Kain Sandang, Arena Tekstil, Vol. 32 No. 2, 2017:67-76.

Maharani, Riesyanita dan John Martono, Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa dan Desain, No. 1.

Fintinline, 2018, 6 Teknik Dasar Shbori yang Mudah untuk Anda Ikuti, https://fitinline.com/article/read/6-teknik-dasar-shibori-yang-mudah-untuk-anda-ikuti/ diakses pada tanggal 16 Oktober 2019.

Lovenia, H, 2016, Studium Generale: Rebut Pasar Dunia Berbekal Ekonomi Kreatif https://www.itb.ac.id/news/read/5283/home/studium-generale-rebut-pasar-dunia-berbekal-ekonomi-kreatif diakses pada tanggal 16 Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amalia Amalia



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :