Pembuatan Website Untuk Keterbukaan Informasi Dan Publikasi RW 01 Kelurahan Tangkerang Selatan

Veronica Taruli Dwi Cahya Br Tampubolon

Abstract


Website sebagai bagian dari kinerja internet memberi dampak baik positif maupun negatif bagi budaya masyarakat, serta meningkatkan presepsi dan pengetahuan masyarakat melalui transparansi dan aksesibiltas informasi sehingga informasi tentang desa yang merupakan unsur implisit dari pembangunan terencana dapat sampai ke masyarakat. Pembangunan suatu wilayah juga akan lebih maksimal melalui pemanfaatan website sebagai bentuk keterbukaan informasi publik sehingga mempermudah dalam mempromosikan suatu wilayah dan pemenuhan kebutuhan administrasi masyarakat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut RW 01 Kelurahan Tangkerang Selatan dapat mengakses dan menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Permasalahan yang ada yaitu kurangnya pengetahuan serta keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi oleh perangkat RW 01 Tangkerang Selatan maupun masyarakatnya. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara maksimal dengan merancang sebuah website yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Terdapat beberapa metode penerapan kegiatan seperti pembuatan website oleh mahasiswa Kukerta, peluncuran website, dan pelatihan kepada admin dalam mengelola website. Hasil dari program ini yaitu masyarakat dapat mengakses informasi lebih mudah dan efektif.

Keywords


Website, Teknologi, Informasi, Internet

Full Text:

PDF

References


Ngafifi, M. 2014. Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. No 2, Vol, 133-47.

Yuliana, O. 2000. Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. No 2, Vol 1, 36- 52.

Yusuf, I. 2016. Analisis Penggunaan Teknologi Informasi (Internet) Terhadap Masyarakat Di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Katalogis. 4(9):125–136.

Ahmad, A. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Kesenjangan Informasi: Akar Informasi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh. 13(1):137–149.

Kuswandi, A., Kurniasih, D., Karniawati, N. 2018. Pelatihan E-Government Bagi Aparat Pemerintah Desa Di Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Mandiri. 2(1):1–10




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Veronica Taruli Dwi Cahya Br Tampubolon



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :