Pelatihan Editing Video dan Youtube sebagai bagian dari Literasi Digital bagi Siswa SMA Mardisiswa Semarang

Yani Parti Astuti, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh, Danang Wahyu Utomo

Abstract


Pada era pandemic saat ini, hampir semua kegiatan dilakukan secara online. Dengan adanya kegiatan online, maka peranan media sosial menjadi tinggi. Begitu halnya dengan youtube. Youtube adalah medsos yang tidak asing dari pendengaran kita. Bahkan apapun yang ingin diketahui, tidak sedikit orang yang langsung mencarinya melalui youtube. Youtube sangat dikenal baik dari kalangan anak – anak sampai kakek nenek. Penggunaan youtube yang sangat luar biasa ini, menandakan bahwa perkembangan di dunia teknologi sangatlah pesat. Namun harus selalu diwaspadai bahwa perkembangan teknologi juga berpengaruh pada perkembangan psikologi anak. Dengan adanya dampak teknologi ini, maka perlu adanya literasi yang sudah sudah menjadi bagian dari kehidupan dan perkembangan manusia. Literasi yang dikaitkan dengan teknologi saat ini dikenal dengan Literasi Digital. Literasi digital dapat membuat individu bisa berpartisipasi pada era yang modern saat ini. Literasi digital juga bisa menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif, sehingga mereka tidak akan mudah tertipu yang berbasis digital seperti halnya masyarakat yang telah menjadi korban informasi hoaks. Dengan melihat hal tersebut di atas, maka diperlukan suatu wawasan kepada anak – anak muda tentang pentingnya literasi digital pada era teknologi saat ini. Literasi digital perlu diberikan kepada anak – anak remaja. Dalam hal ini sasaran yang akan diambil adalah siswa SMA. Literasi digital yang diberikan berkaitan dengan youtube, karena diharapkan siswa bisa mengoptimalkan pemakaian youtube. Sehingga siswa harus didampingi dan diberi pelatihan bagaimana memfilter informasi – informasi yang didapatkan dari youtube. Untuk itu, diharapkan siswa tidak hanya sebagai pengguna pasif, tapi harus bisa menjadi pengguna aktif. Sehingga siswa diberi pelatihan tentang bagaimana membuat akun youtube, bagaimana membuat youtube dengan baik dan sesuai aturan, dan juga bagaimana mengunggah video agar menjadi lebih menarik.


Keywords


Literasi digital, Youtube, teknologi

Full Text:

PDF

References


H. Silvana and C. Darmawan, “Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung,” Pedagogia, vol. 16, no. 2, p. 146, 2018, doi: 10.17509/pdgia.v16i2.11327.

J. Medan -Banda Aceh Peudada Bireun Aceh, J. K. Medan -Banda Aceh, and B. Rata Lhokseumawe Aceh, “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMANegeri 7 Kota Lhokseumawe The Effect of Digital Literacy on the Prevention of Hoax Information on Adolescents in SMANegeri 7 of Lhokseumawe City,” Jurnal_Pekommas_Vol._6_No, vol. 2, no. 2010, pp. 77–84, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060210.

G. Falloon, “From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework,” Educ. Technol. Res. Dev., vol. 68, no. 5, pp. 2449–2472, 2020, doi: 10.1007/s11423-020-09767-4.

A. Asari, T. Kurniawan, S. Ansor, A. Bagus, and N. Rahma, “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang,” BIBLIOTIKA J. Kaji. Perpust. dan Inf., vol. 3, pp. 98–104, 2019.

S. Fitriyani., Mukhlis, “Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review,” J. Dikoda, vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2021




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yani Parti Astuti, Egia Rosi Subhiyakto, Liya Umaroh, Danang Wahyu Utomo



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :