Pelaksanaan Pendistribusian Dokumen Kependudukan Melalui Inovasi "Adek Manja" di Kabupaten Klaten

Rizda Ardyati, Sri Wahyuningsih Yulianti, Enis Tristiana

Abstract


Digitalisasi pelayanan publik merupakan suatu hal yang semakin didorong perkembangannya oleh pemerintah Indonesia. Ketidakmampuan masyarakat untuk berkumpul dalam kelompok ketika pandemi turut mendorong masifnya gerakan digitalisasi pelayanan publik di Indonesia. Pengabdian ini dilaksanakan karena masalah-masalah yang berada di tengah masyarakat. Pengabdian dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan serta menjawab kebingungan dan pertanyaan masyarakat mengenai inovasi ADEK MANJA di Kabupaten Klaten. Kegiatan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: 1) Tahap Persiapan, pada tahap ini tim pengabdian melakukan persiapan yaitu berdiskusi dan mengkaji permasalahan yang mendominasi pada pelayanan administrasi kependudukan 2) Tahap Pelaksanaan 3) Tahap Evalusi, yaitu dengan memonitoring proses kegiatan berjalan, mengevaluasi setiap tahapan yang dilakukan, dan menindaklanjuti evaluasi kegiatan Tahapan pada hasil dari kegiatan workshop pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kupang Karangdowo Klaten diharapkan dapat memudahkan masyarakat sasaran yang belum melek teknologi untuk memahami penggunaan inovasi Adek Manja yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berlangsung dengan baik. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyaraat tentang Inovasi “Adek Manja” yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan Kabupaten Klaten Sebagai Pelayanan Publik Pendistribusian Dokumen Kependudukan Kabupaten Klaten.


Keywords


Administrasi Kependudukan; Inovasi; Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References


LAN, “Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Jakarta , 2003,” p. 43, 2003, [Online]. Available: http://monev.bps.go.id/esakip/Pustaka/SK-LAN-239-2003-SAKIP.pdf.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, “Keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik,” Kementeri. Pendayagunaan Apar. Negara Republik Indones., no. Ix, p. 55, 2003, [Online]. Available: http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF.

L. P. Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

H. Pasalong, gabungan Teori Administrasi. 2014.

N. S. Maryam, “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik,” J. Ilmu Polit. dan Komun., vol. VI, no. 1, pp. 1–18, 2016.

R. Katharina and R. N. E. Jaweng, Pelayanan Publik dan Pemerintahan Digital Indonesia. 2020.

M. Kurdi, “Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19,” J. Lingk. Widyaiswara, no. 04, pp. 4–9, 2020, [Online]. Available: https://docplayer.info/198685155-Menggagas-pelayanan-prima-di-masa-pandemic-covid-19.html.

U. Al Faruqi, “Survey Paper : Future Service in Industry 5.0,” J. Sist. Cerdas, vol. 02, no. 01, pp. 67–79, 2019.

A. Sudrajat, “Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran,” Tersedia: http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/09/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode-tekniktaktik-dan-model-pembelajaran/.[20 Oktober 2008], no. 1, 2008.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizda Ardyati, Sri Wahyuningsih Yulianti, Enis Tristiana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :