Pelatihan Computational Thinking Bagi Guru Informatika Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Batang Menggunakan Aplikasi Scratch

Muhammad Rikzam Kamal, Santika Lya Diah Pramesti, Heni Lilia Dewi

Abstract


Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan yang bertemakan computational thinking dan algoritma menggunakan scratch bagi guru informatika KKMTs kabuapaten Batang yang dilaksanakan di MTs Wahid Hasyim Warungasem. Di dalam pelatihan ini disampaikan 2 materi utama yaitu tentang pentingnya penggunaan computational thingking dalam pemecahan masalah dan algoritma pemrogrman dengan menggunakan aplikasi scratch sebagai aplikasi untuk mengimplementasikan cara berpikir menggunakan metode computational thinking. Dari pelatihan ini peserta merasa sangat terbantu karena materi yang disampaikan bisa berguna sebagai metode dan modul ajar untuk siswa-siswanya di sekolah masing-masing agar siswa mereka juga bisa mulai berpikir menggunakan metode computational thinking.


Full Text:

PDF

References


A. Buchari, Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran, J. Ilm. Iqra, vol. 12, no. 2, p. 106, 2018, doi: 10.30984/jii.v12i2.897.

T. Blyznyuk, Formation of Teachers Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience, J. Vasyl Stefanyk Precarpathian Natl. Univ., vol. 5, no. 1, pp. 4046, 2019, doi: 10.15330/jpnu.5.1.40-46.

M. Z. Zahir, N. R. Dewi, T. S. N. Asih, E. R. Winarti, T. U. K. Putri, and B. E. Susilo, Scratch Coding for Kids: upaya memperkenalkan mathematical thinking dan computational thinking pada siswa sekolah dasar, Journal.Unnes.Ac.Id, vol. 4, pp. 476486, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45086.

A. Peel, T. D. Sadler, and P. Friedrichsen, Using Unplugged Computational Thinking to Scaffold Natural Selection Learning, Am. Biol. Teach., vol. 83, no. 2, pp. 112117, Feb. 2021, doi: 10.1525/abt.2021.83.2.112.

M. E. Rosadi, W. Wagino, N. Alamsyah, M. Rasyidan, and M. Y. Kurniawan, Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin, J. SOLMA, vol. 9, no. 1, pp. 4554, 2020, doi: 10.29405/solma.v9i1.3352.

H. Hotimah, Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar, J. Edukasi, vol. 7, no. 3, p. 5, 2020, doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Y. Yuntawati, S. Sanapiah, and L. A. Aziz, Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Media Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, p. 34, 2021, doi: 10.33394/mpm.v9i1.3898.

B. H. A. Pratama and B. Sujatmiko, Analisis Pengaruh Nilai Tes Potensi Akademik Pada Evaluasi Pemrograman Dasar Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Pemrograman, J. IT-EDU, vol. 03, no. 01, pp. 218226, 2018.

E. Nuraeni L, M. R. W. Muharram, and B. S. Fajrin, Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan Aplikasi Scratch, Attadib J. Elem. Educ., vol. 5, no. 2, p. 140, 2021, doi: 10.32507/attadib.v5i2.962.

I. Akhlis, S. Susilo, and L. Putra Arfiansyah, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Alat Optik, UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 1, pp. 6674, 2019.

R. Abdilana and I. Gunawan, Implementasi Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Scratch, JIIFKOM (Jurnal Ilm. Inform. Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 3540, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.