Rancang Bangun Prototipe Dompet Digital dengan Metode Design Thinking dan Metode Prototype

Ryan Kurniawan Waluyo, Erna Zuni Astuti

Abstract


Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi dunia mengubah gaya hidup manusia untuk berperilaku konsumtif akibat dari tuntutan keperluan hidup sehari-hari. Kemunculan virus Covid-19 sangat mempengaruhi gaya hidup dan perekonomian. Transaksi jual beli secara langsung beresiko menularkan virus melalui kontak uang kertas.  Perekonomian dan gaya hidup tersebut perlu didukung dengan inovasi teknologi berupa berbelanja secara online maupun offline menggunakan dompet digital yang dapat mengurangi kontak secara langsung dalam transaksi. Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan tersebut dan melakukan inovasi, penulis membuat rancang bangun prototype User Interface (UI) / User Experience (UX) sistem aplikasi dompet digital dengan metode design thinking dan metode prototype. Prototype ini memuat beberapa fitur penting bagi pengguna untuk membayar pesanan belanjaan mereka dengan cara memindai kode batang, meminta saldo dari teman atau orang lain, membagikan saldo langsung ke banyak orang, dan tampilan riwayat transaksi. Dengan adanya prototype UI/UX dompet digital ini, pengguna mampu melakukan transaksi pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa kontak uang kertas secara langsung, serta dapat memanajemen keuangan mereka.

Keywords


Dompet digital, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna, transaksi, prototipe

Full Text:

PDF

References


Muhyiddin, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, Indonesia, and Bappenas Republik Indonesia, “Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia,” J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan., vol. 4, no. 2, pp. 240–252, 2020, doi: 10.36574/jpp.v4i2.118.

A. E. Cahyani, “Perilaku Konsumtif Masyarakat Pengguna Layanan E-Wallet di Kota Purwodadi,” Publ. Ilm., pp. 1–15, 2021.

H. M. Aji, I. Berakon, and M. Md Husin, “COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia,” Cogent Bus. Manag., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.1080/23311975.2020.1804181.

H. Tannady, D. Haeraini, and D. Natalia, “Perancangan Tampilan User Interface Pada Website Klinik Sehat Berdasarkan Metode Paper Prototype,” JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 10–15, 2021, [Online]. Available: https://journal.ubm.ac.id/index.php/jbase/article/view/2999

S. Auliaddina, A. A. Puteri, and I. F. Anshori, “Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Shopee Dan Bukalapak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 3, p. 188, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i3.5183.

K. R. Carisfian, A. P. Kharisma, and T. Afirianto, “Perancangan User Experience Aplikasi Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Menggunakan Metode Human-Centered Design,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8723–8731, 2019.

A. A. R. Pinandito, “Pengaruh Desain User Interface (UI) – User Experience (UX), Fitur Layanan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Kembali Aplikasi Dompet Digital DANA Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Mediasi,” pp. 1–182, 2022.

A. N. Aulia and Ardiansyah, “Rancang Bangun Ui (User Interface) / Ux (User Interface) Aplikasi Manajemen Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Ahmad Dahlan,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 32–42, 2018, [Online]. Available: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF

R. D. Anggraini and V. Frendiana, “Rancang Bangun Design Ui/Ux Aplikasi Mobile Saving! dengan Aplikasi Figma,” Semin. Nas. Inov. Vokasi, vol. 1, no. 1, pp. 358–368, 2022.

A. N. Farika, “Perancangan UI/ UX Aplikasi Info Pdam Delta Tirta Sidoarjo dalam Meningkatkan Kemudahan Pelayanan Bagi Pelanggan,” pp. 1–67, 2022.

H. N. N. P, J. Stanly, D. D. K, J. Lie, R. Wijaya, and H. Irsyad, “Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost Idemopet dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511, 2022.

E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Aminkom center Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Automata, vol. 2, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19438/11541




DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v1i1.1382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erna Zuni Astuti