Rancangan Bangun Model Desain Tampilan User Experience (UX) Sistem Aplikasi Layanan Hiburan Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Mobile dengan Menggunakan Konsep Metode Design Thinking

Tan Anthony Christian Adinugraha, Erna Zuni Astuti

Abstract


Selama ini, terdapat kelemahan dalam transaksi proses pemesanan dan proses pembelian tiket bioskop. Sejak dahulu kala, para penonton yang ingin melakukan transaksi proses pemesanan dan proses pembelian tiket bioskop diharuskan atau diwajibkan untuk mengantre di loket tempat penjualan tiket bioskop. Ironisnya, cara seperti ini relatif tidak efisien dan tidak efektif karena para penonton diharuskan atau diwajibkan untuk mengantre di loket tempat penjualan tiket bioskop dalam antrean yang cukup panjang dan cukup lama untuk melakukan transaksi proses pemesanan dan proses pembelian tiket bioskop. Seringkali juga tiket bioskop yang ingin dipesan dan dibeli sudah atau telah terjual habis sebelum gilirannya, sehingga para penonton yang sedang mengantre pun menjadi tidak mendapatkan atau tidak memperoleh informasi mengenai tentang tiket bioskop yang masih tersedia. Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis ingin membuat dan/atau menyusun dan/atau mengembangkan perancangan bangun model desain tampilan UserExperience (UX) sistem aplikasi layanan hiburan pemesanan tiket bioskop berbasis mobile atau dengan menggunakan media perangkat telepon genggam seluler. Pada perancangan bangun model desain tampilan UserExperience (UX) sistem aplikasi layanan hiburan pemesanan tiket bioskop berbasis mobile ini nantinya para penonton bisa atau dapat melihat jadwal pemutaran atau penayangan film bioskop, para penonton juga bisa mendapatkan atau memperoleh informasi mengenai tentang harga tiket bioskop pada hari tersebut, dan para penonton juga bisa mendapatkan atau memperoleh informasi mengenai tentang ketersediaan tiket bioskop beserta dengan posisi lokasi tempat duduk di dalam ruangan bioskop. Dengan adanya perancangan bangun model desain tampilan UserExperience (UX) sistem aplikasi layanan hiburan pemesanan tiket bioskop berbasis mobile ini diharapkan para penonton tidak perlu kesulitan dan menghabiskan waktu untuk mengantre dalam melakukan transaksi proses pemesanan dan proses pembelian tiket bioskop


Keywords


Harga Tiket Bioskop, Ketersediaan Tiket Bioskop, Posisi Lokasi Tempat Duduk di Dalam Ruangan Bioskop, Sistem Aplikasi Layanan Hiburan Pemesanan Tiket Bioskop, Mobile

Full Text:

PDF

References


P. Hersanti, "Perancangan dan Analisis Sistem Pemesanan Tiket Bioskop pada Smartphone Berbasis Android," Telkom University (Telkom Institute of Technology), Bandung, 2013.

T. Novianung and A. A. Faizin, "Belajar Dasar UX Design," PT. Dicoding Akademi Indonesia (PT. Presentologics), 19 October 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/academies/335/. [Accessed 09 October 2022].

D. M. M. A. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam : Pendekatan Kuantitatif, D. M. M. A. Ed., Jakarta, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta: Rajawali Pers / PT. Raja Grafindo Persada, 2008, p. 180.

H. Umar, Metode Riset Bisnis, H. Umar, Ed., Jakarta, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002, p. 101.

P. D. H. M. B. B. S. M. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik, serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, 2nd ed., vol. II, P. D. H. M. B. B. S. M. Ed., Jakarta, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006, p. 122.

P. D. N. S. S. Metode Penelitian Pendidikan, 9th ed., vol. IX, P. D. N. S. S. Ed., Bandung, West Java: PT. Remaja Rosdakarya, 2013, p. 220.

E. Danial and N. Wasriah, Metode Penulisan Karya Ilmiah, E. Danial and N. Wasriah, Eds., Bandung, West Java: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 2009, p. 80.

D. S. A. M. Metode Penelitian, 10th ed., vol. X, D. S. A. M. Ed., Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY): Pustaka Pelajar, 2010, p. 36.




DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v1i1.1383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erna Zuni Astuti