Pengembangan Desain Board Game sebagai Media Inovatif untuk Pelaksanaan Materi Senam Lantai

Kamsiyatun Kamsiyatun, Ardiawan Bagus Harisa, Liya Umaroh, Novita Kurnia Ningrum

Abstract


Materi senam lantai pada anak usia dini menjadi materi krusial yang harus diajarkan di sekolah. Pada penelitian ini kami membuat sebuah board game untuk menyokong kegiatan terebut, khususnya untuk materi gerakan guling ke depan (forward roll) dan gerakan guling ke belakang (backward roll). Game tersebut kamu uji coba pada siswa kelas 1. Berdasarkan data, minat siswa jauh lebih tinggi secara signifikan saat menggunakan media yang kami kembangkan daripada visual yang terdapat pada buku referensi karena lebih menarik dan lebih realistis.


Keywords


board game; card game; media pembelajaran; senam lantai

Full Text:

PDF

References


Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).

Presiden Republik Indonesia (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sukintaka, D. (1998). Teori Bermain untuk Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FPOK IKIP.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, mainan dan permainan. Grasindo.

Harisa, A. B., Haryanto, H., & Santoso, H. A. (2016). Model Tingkat Kesulitan Dinamis berbasis Logika Fuzzy pada Game Wayang Ramayana. Semnasteknomedia online, 4(1), 2-6.

Sayuti, S. (2010). Senam Dasar. Universitas Terbuka. Departemen Pendidikan Nasional.

Sutrisno, B., & Khafadi, M. B. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas.

Harisa, A. B., Umami, Z., & Saputra, F. O. (2022). Board Game Design for Conservation Organization: A study on the Board Game for Campaign on Indonesian Javan Hawk-Eagle Conservation Foundation. Journal of Games, Game Art, and Gamification, 7(1), 1-6.




DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v1i2.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ardiawan Bagus Harisa