Penerapan Good Agriculture Practices (GAP) dalam Pascapanen Kopi di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Dwi Fauzia Putra, Agung Suprianto, Nila Restu Wardani

Abstract


Desa Giripurno merupakan daerah pengahasil produksi kopi di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Tepatnya berada di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Petani kopi di Desa Giripurno pada umumnya belum memahami penanganan dan pengolahan kopi pascapanen dengan baik dan benar. Program Abdimas ini menekankan pada pelatihan pengolahan kopi saat panen dan pascapanen berdasarkan Good Agriculture Practices/GAP On Coffee. Sasaran pelatihan ini adalah petani kopi di Desa Giripurno. Melalui pelatihan ini diharapkan petani kopi mampu mengolah kopi saat panen dan pascapanen dengan baik dan benar. Sehingga petani kopi dapat menghasilkan biji kopi dengan mutu kualitas terbaik. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan adalah: 1) panen, pemetikan buah yang masak melalui sortasi cerry; 2) pascapanen, mulai dari pengupasan, pencucian, penjemuran, sortasi biji kopi sampai penggudangan (proses semi basah). Sedangkang untuk proses kering mulai dari penjemuran, pengupasan, sortasi sampai dengan penggudangan; dan 3) pengenalan dan penggunaan alat/teknologi tepat guna dalam pengolahan kopi. Pendampingan dilakukan dengan tujuan agar terserapnya hasil panen biji kualitas baik di daerah hilir. Keberhasilan progam dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan petani terkait pengelolaan pascapanen kopi sesuai GAP dan meningkatnya harga jual biji kopi hingga 70% dari harga sebelumnya.


Keywords


Kopi, Pascapanen, Pengelolaan, GAP, Petani

Full Text:

PDF

References


N. J. J. K. P. D. J. P. Peraturan Menteri Pertanian, "Pedoman Teknis Budidaya Kopi yang Baik (Good Agriculture Practices/Gap On Coffe)," 2014.

B. K. Batu, "Kecamatan Bumiaji dalam Angka," ed: Batu: Badan Pusat Statistik Kota Batu, 2020.

B. P. Statistik, "Kota Batu Dalam Angka," ed, 2020.

N. Sintiawati, S. R. J. I. J. o. A. Fajarwati, and C. Education, "Partisipasi Orang Dewasa dalam Sebuah Pelatihan," vol. 1, no. 1, pp. 26-30, 2019.

N. K. J. H. o. Q. R. Denzin, "dan Lincoln, Yvonna S (2009)."

H. J. A.-T. Hasanah, "Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial)," vol. 8, no. 1, pp. 21-46, 2017.

Y. Kansrini, D. Febrimeli, and P. W. J. P. A. Mulyani, "Tingkat Adopsi Budidaya Yang Baik (Good Agriculture Practices) Tanaman Kopi Arabika Oleh Petani Di Kabupaten Tapanuli Selatan," vol. 3, no. 1, pp. 36-49, 2020.

N. J. D. p. t. Asni, "Teknologi Pengolahan Kopi Cara Basah Untuk Meningkatkan Mutu Kopi Ditingkat Petani," vol. 1, 2015.

S. Solikhin and P. A. J. J. P. P. M. d. I. P. T. Wicaksono, "PENINGKATAN KUALITAS KOPI PINANGGIH MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI PASCAPANEN GREEN HOUSE," vol. 4, no. 3, 2022.

S. Soeharjoto, E. Sofilda, D. Hariyanti, and J. J. I. J. o. E. C. D. Amin, "Penerapan Metode Penyortiran Dan Pengeringan Biji Kopi Guna Meningkatkan Nilai Ekonomi Petani Di Desa Banjarsari," vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Fauzia Putra, Agung Suprianto, Nila Restu Wardani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :