Social-Crowdfunding “Pohon Asuh” Sebagai Upaya Rehabilitasi Kawasan Hutan Gunung Ungaran

Nugroho Edi Kartijono, Muh. Sholeh, Fulia Aji Gusman

Abstract


Masyarakat Desa Ngesrepbalong yang tinggal lereng utara Gunung Ungaran memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap sumber mata air yang terdapat di dikawasan hutan lindung. Sumber mata air tersebut telah mengalami penurunan baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang disebabkan oleh semakin meningkatnya lahan kritis di area hutan karena alih fungsi lahan yang semakin tidak terkendali. Upaya rehabilitasi lahan kritis melalui penanaman pohon telah dilakukan, namun upaya tersebut belum berjalan dengan maksimal karena terkendala tingginya biaya operasional yang dikeluarkan untuk pembibitan, penanaman, dan perawatan tanaman. Saat ini peluang masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam kegiatan rehabilitasi lahan kritis melalui crowdfunding sangat terbuka lebar. Kedua hal tersebut sebenarnya saling berkaitan sehingga mempertemukan kepentingan antara pemilik dana dengan masyarakat desa melalui Program Pohon Asuh dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Berdasarkan permasalahan tersebut Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan diarahkan pada Pengembangan Program Social-Crowdfunding “Pohon Asuh” Berbasis Website Sebagai Upaya Rehabilitasi Kawasan Hutan Gunung Ungaran. Program pengabdian ini mencakup sosialisasi manajemen Social-Crowdfunding “Pohon Asuh”, pengembangan SOP pengelolaah pohon asuh, dan pelatihan promosi program pohon asuh melalui media website. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah telah terbentuk struktur pengelola program pohon asuh Gunung Ungaran, tersusun poin-poin kesepakatan perjanjian pohon asuh, SOP pengelolaan program pohon asuh, dan adanya website untuk kegiatan monitoring pohon dan promosi program pohon asuh.

Keywords


Social-crowdfunding; manajemen; Pohon Asuh; Gunung Ungaran

Full Text:

PDF

References


S. Arsyad, E. Rustiadi, Penyelamatan tanah, air, dan lingkungan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

UU No.17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air

Bappenas, Roadmaps of SDGs Indonesia: A Highlight. Jakarta:Bappenas, 2015

Z. Abidin, Kajian Sosial Ekonomi dan Gender di Sub-DAS Way Khilau, Sub-Das Bulok, DAS Sekampung. Laporan Akhir Deliverables 3. UNDP-Indonesia-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2018.

I.N. Mirza, R.T. Irwanto,“ Evaluasi Reforestasi di Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, Sumedang,” Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, Vol. 1, No.7, pp. 1615-1621, 2015




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nugroho Edi Kartijono, Muh. Sholeh, Fulia Aji Gustaman



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :