Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa Kelas IV Dalam Pembuatan Animasi Stop Motion Sederhana Di SD Negeri Gayamsari 01 Semarang

Dzuha Hening Yanuarsari, Ristia Kadiasti, Erisa Adyati Rahmasari

Abstract


Kreativitas teknik pengajaran memberikan dampak yang cukup signifikan bagi motivasi belajar.  Sekolah yang menjadi tempat dalam pengabdian masyarakat ini yakni Sekolah Dasar Negeri  Gayamsari 01 Semarang, di mana dalam kegiatan tersebut kita memberikan semacam pelatihan kepada murid-murid terkait materi desain dan animasi.  Persoalan yang ditemukan dalam penentuan tema materi tersebut adalah pada mata pelajaran Project yang ada di kelas 4 SD dimana pada mata pelajaran tersebut guru bisa mengembangkan materi yang diberikan dengan lebih menarik dan efektif. Setelah dilakukan inisiasi permasalahan dan kebutuhan dalam kegiatan pengabdian masyarakat diperoleh hasil diskusi yakni mengembangkan materi pembelajaran yang ada pada mata pelajaran Project.  Pendampingan langsung dengan bahan ajar berupa desain dan animasi menjadi alternatif pembelajaran yang menarik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.  Observasi kebutuhan Mitra pada tahap awal diperoleh informasi bahwa mata pelajaran Project perlu diberikan materi yang lebih menumbuhkan minat belajar siswa sehingga capaian pembelajaran dapat tercapai.  Bahan ajar yang disampaikan pada pelatihan berupa desain karakter dan animasi sederhana atau animasi stop motion di mana peserta didik dapat mempraktekkan secara langsung teori terkait desain dan bagaimana menjalankan animasi sederhana. Hasil pelatihan ini berupa peningkatan pengetahuan peserta atau siswa-siswi mengenai materi seputar desain karakter dan  menjalankan animasi sederhana yakni animasi stop motion.


Keywords


desain, animasi, materi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


M. A. Purba and A. Defriyando, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0,†2020, Accessed: Jan. 30, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3621/1647.

P. Khoerunnisa and S. M. Aqwal, “Analisis Model-model Pembelajaran,†Fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 1–27, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.

Suparyanto dan Rosad (2015, “Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia,†Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

M. A. Churri and Y. A. Agung, “Pengembangan Materi Dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video Untuk SMK Negeri 7 Surabaya,†J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 2, pp. 803–809, 2013.

D. Utami, “Animasi Dalam Pembelajaran,†Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 44–52, 2011.

Celine Mettadewi, “Designing Character Creation and Concept,†Binus, 2016. .

Sutiono and R. HaloEdukasi, “Animasi Stop Motion: Pengertian - Cara Kerja dan Jenisnya - HaloEdukasi.com,†2018. https://haloedukasi.com/animasi-stop-motion.

Sungkono, “Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran,†Maj. Ilm. Pembelajaran, pp. 5–1, 2009.

Naikpangkat.com, “Keunggulan Animasi sebagai Media Pembelajaran Guru Membuat Konsep yang Rumit Mudah Dipahami,†2021. https://naikpangkat.com/keunggulan-animasi-sebagai-media-pembelajaran-guru-sekolah/




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dzuha Hening Yanuarsari, Ristia Kadiasti, Erisa Adyati Rahmasari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :